Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Sosialisasi EduVPN UB dan Pemanfaatan E-Resources UB

Sosialisasi EduVPN UB dan Pemanfaatan E-Resources UB

Perpustakaan mengadakan Sosialisasi EduVPN dan Pemanfaatan E-Resources agar koleksi yang dimiliki bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh sivitas akademika.

Sosialisasi EduVPN adalah proses belajar mengajar tentang layanan VPN yang disediakan oleh berbagai universitas di seluruh dunia, termasuk UB. Layanan ini menyediakan akses yang aman dan terenkripsi ke jaringan serta sumber daya universitas dari lokasi di luar kampus. Layanan EduVPN UB disediakan  untuk fakultas, staf, dan mahasiswa di UB agar dapat diakses menggunakan browser web atau perangkat lunak klien VPN.

EduVPN menjadi tema utama pelatihan karena sejak bulan Desember 2022 perpustakaan sudah tidak menggunakan Remote Xs untuk mengakses koleksi E-Resources. Sebagai gantinya kini menggunakan EduVPN UB agar para pemustaka tetap bisa mengakses koleksi E-Resources meskipun berada di luar lingkungan dan jaringan UB.

Kepala Perpustakaan Dr. Iwan Permadi, SH. M.Hum mengatakan sosialisasi tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi pemustaka karena mayoritas pengguna belum mengetahui bahwa perpusatakaan UB sudah tidak menggunakan Remote Xs.

“Untuk itulah Perpustakaan UB melalui program Library Class langsung gerak cepat mengadakan pelatihan ini agar para pemustaka tetap bisa memanfaatkan E-Resources UB secara optimal. Karena itu saya mengajak semua civitas akademika UB untuk mengikuti acara ini,”kata Iwan.

 

Sosialisasi EduVPN UB dan Pemanfaatan E-Resources Universitas Brawijaya diadakan mulai tanggal 10 Januari sampai dengan 20 Januari 2023. Acara ini adakan secara online via zoom pada pukul 09.30 sampai dengan 10.30 WIB. Pelatihan ini sudah berjalan selama 2 hari dengan pemateri sebagai berikut:

1st Day:

Pithoyo Widi Atmoko, S.Si., M.Si. : Mengenal dan Menginstall EduVPN UB

Emy Sukartini: Mengenal dan Pemanfaatan E-Resources UB

2nd Day:

Suprihatin, SIP., MA : Mengenal dan Menginstall EduVPN UB

Nur Subchan, S.Pd : Mengenal dan Pemanfaatan E-Resources UB

 

   

Meskipun diadakan secara online namun para peserta tetap bersemangat dan menyimak dengan seksama penjelasan para pemateri dari awal hingga akhir. Apalagi saat dibuka sesi tanya jawab, mereka menggunakannya dengan sangat optimal dengan menanyakan kendala atau permasalahan yang dialami saat menggunakan EduVPN UB dan mengakses koleksi E-Resources UB. Untuk masalah teknis EduVPN UB peserta bisa melakukan open tiket di helpdesk-tik.ub.ac.id.