Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

FKM UAD Jalin Kerja Sama dengan Siklus Indonesia

FKM UAD Jalin Kerja Sama dengan Siklus Indonesia

Penandatanganan Kerja sama antara FKM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Siklus Indonesia (Foto: Istimewa)

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Siklus Indonesia pada Jumat, 6 Januari 2023. Siklus Indonesia merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) nonprofit yang bergerak di bidang kesehatan masyarakat sejak tahun 2010. Kerja sama ini telah dilakukan melalui aktivitas magang mahasiswa peminatan kesehatan reproduksi (kespro).

Acara yang berlangsung di ruang rapat Kampus III UAD itu dihadiri oleh Rosyidah, M. Kes., Ph.D. selaku dekan FKM UAD dan Ciptasari Prabawanti, Ph.D. sebagai Direktur Siklus Indonesia. Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 dan Magister Kesehatan Masyarakat, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, serta segenap staf FKM UAD turut membersamai kegiatan ini.

“Kerja sama dengan Siklus Indonesia sering kali dilakukan oleh FKM UAD melalui program magang mahasiswa peminatan kespro, tetapi belum ada perjanjian secara tertulis. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini menjadi wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan harapan tidak hanya untuk peminatan kespro saja tetapi juga untuk peminatan lain,” terang Dr. Tri Wahyuni Sukesi, S.Si., M.P.H. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan Kehartabendaan, dan Administrasi Umum.

Selain itu, kerja sama tersebut dilakukan untuk mengisi gap di antara kerja-kerja lapangan dan komunitas yang selama ini dilakukan oleh LSM pada ranah keilmuan di perguruan tinggi. Oleh karenanya, terjalinnya hubungan ini sekaligus menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Siklus Indonesia memiliki banyak program yang mampu meningkatkan kapasitas individu melalui berbagai pelatihan. Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan gambaran terkait realisasi kerja di lapangan pada bidang kesehatan masyarakat. (ish)

uad.ac.id