Minggu, 29 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

Ujian Praktik Kelas XII, Langkah MAN 2 Sleman Siapkan Peserta Didik Terjun ke Masyarakat

Ujian Praktik Kelas XII, Langkah MAN 2 Sleman Siapkan Peserta Didik Terjun ke Masyarakat

Sleman (MAN 2 Sleman)- “Dalam ujian praktik tidak hanya sekedar untuk mendapatkan nilai yang bagus, tetapi dalam rangka menyiapkan peserta didik sebelum terjun ke masyarakat,” disampaikan Kepala MAN 2 Sleman Drs. Muhammad Wahdan Zani pada hari Rabu (11/01/2023) di MAN 2 Sleman. 

Wahdan juga menambahkan, “Setiap mata pelajaran, siswa tidak hanya dituntut untuk memiliki kompetensi pada ranah kognitif, namun juga harus memahami dengan baik ranah afektif dan psikomotor untuk bekal menghadapi kehidupan yang sebenarnya di masyarakat.”

Selama 7 hari, seluruh siswa kelas XII mengikuti pelaksanaan ujian praktik. Tidak hanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), secara keseluruhan ada 13 mata pelajaran yang diujikan antara lain Qur’an Hadits, Fikih, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa,  Bahasa Arab, Penjasorkes, PKWU, Tahfidz, Fisika, Kimia, Biologi.

Arya, salah satu siswa kelas XII menyampaikan, “Saya sangat senang adanya ujian praktik ini, karena bisa lebih memahami materi yang telah disampaikan selama di kelas, tidak hanya teori namun juga praktik langsung,” tuturnya. (Qoma)