Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

PPMT UNIMMA Bantu Cegah Stunting di Dukun, Kabupaten Magelang

Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) di Posyandu Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dengan diketuai oleh Apt. Fitriana Yuliastuti, S.Farm., M.Sc, Dosen Farmasi UNIMMA dan anggota Galuh Eilen Winanda, Tischa Vaira, Anisah Umami Rahayu, Sugiyarti dan Nanik, tim mengambil judul Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Program dimulai pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang. Beberapa kegiatan dilakukan diantaranya sosialisasi stunting, hipertensi, sosialisasi pada anak TK dan PAUD terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan vitamin, pengecekan dan konsultasi kesehatan, senam lansia dan pelatihan kader Posyandu.
Adapun pada Sabtu (31/12) dilaksanakan sosialisasi stunting kepada warga yang dihadiri pula oleh Yulia Yuningsih (Lurah Ngargomulyo) dan Nur Sayyidah Hasan (Bidan Desa). Materi pertama dijelaskan tentang pencegahan stunting oleh mahasiswa, sedangkan materi kedua tentang menu gizi seimbang yang disampaikan oleh Sulistya Puspa, ahli gizi dari Rumah Sakit Aisyiyah (RSA) Muntilan.
Fitriana berharap agar kegiatan PPMT yang dilaksanakan bersama tim dapat menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan di Desa Ngargomulyo tersebut. “Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesehatan anak di Desa Ngargomulyo ini,” ujarnya.