Selasa, 19 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Ilkom UNIMMA Masuk 5 Terbaik Konten Kreatif Nusantara Berbasis Literasi Konten Lokal 2022

Sebagai pemenuhan tugas luaran mata kuliah Komunikasi Pembangunan, mahasiswa semester 3 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengikuti Workshop Konten Kreatif Nusantara Berbasis Literasi Konten Lokal yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 12-15 September 2022 lalu.

Tercantum dalam pedoman teknis workshop, kegiatan yang diselenggarakan Perpusnas tersebut mengangkat tema “Literasi Konten Lokal untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Workshop tersebut merupakan salah satu program/ kegiatan Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, dengan memanfaatkan platform YouTube.

Dengan menampilkan konten di bidang pertanian, salah satu tim dari Ilkom UNIMMA beranggotakan Mifta Amalia, Muhammad ‘Abbad Aufa Shofiy, dan Indah Solechatun Puspitasari berhasil meraih penghargaan 5 konten terbaik di workshop tersebut. Tim ini merupakan salah satu dari 9 tim yang masuk finalis.

Disebutkan, konten video berjudul “Petani Milenial Oy” dengan durasi 6 menit 17 detik di kanal YouTube @Indah Puspitasari, mengulas kegiatan petani milenial seperti mengolah lahan, menanam sayur, merawat, dan memanen hasil di Dusun Sekayu, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Dalam cuplikan video yang diunggah, salah satu petani menyampaikan upaya petani muda melakukan pemasaran modern. “Kita petani muda memikirkan bagaimana caranya agar para petani bisa melakukan pemasaran yang modern. Maksudnya agar para petani tau sistem online. Jadi bisa mengetahui harga di pasar dan di luar. Tidak bergantung sama pembeli atau pengepul di lokalan,” ujarnya.

Sementara itu, Prihatin Dwihantoro M.I.Kom, Ketua Prodi Ilkom UNIMMA mengatakan tugas luaran mengikuti workshop ini merupakan bentuk kerja keras mahasiswa melihat potensi di Kabupaten Magelang. “Tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan ini yang mahasiswa diarahkan untuk mengikuti lomba. Ini merupakan bentuk kerja keras teman-teman mahasiswa angkatan 2021 untuk melihat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Magelang,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hantoro mengungkapkan rasa bangganya pada prestasi yang telah diraih mahasiswanya. Ia berharap prestasi ini dapat memicu dan memacu mahasiswa lain untuk berkreasi dan berkreatifitas. “Ini prestasi yang sangat membanggakan untuk Ilkom UNIMMA. Semoga bisa memicu dan memacu teman-teman yang lain untuk berkreasi dan berkreatifitas. Jangan takut untuk ikut lomba, kompetisi, konferensi karena Insya Allah akan dapat apresiasi dari universitas dan bisa dikonversi untuk tugas akhir,” ujarnya dengan antusias.