Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIMMA Menangkan 3 Penghargaan di SILAT APIK

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhamadiyah Magelang (UNIMMA) mendapatkan 3 penghargaan internasional di agenda SILAT Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (APIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisiyah (PTMA). Kongtingen dari UNIMMA mengirimkan 3 perwakilan mahasiswa dan 1 dosen untuk mengikuti event yang digelar di Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (UMSIDA) pada Senin-Selasa (19-20/12).

Dari 5 kategori lomba diantaranya tiktok competition, digital journalism, news anchor, photography competition dan public relations, UNIMMA meraih 3 penghargaan. Penghargaan yang diraih diantaranya kategori photography competition yaitu Juara 2 yang diperoleh Muhammad Yoga Pratama, juara harapan 1 diperoleh Vina Rizky Rizky Nahari, dan Fauzy Pratama Putra sebagai juara harapan 2. “Senang sekali bisa mendapatkan juara 2 di acara Internasional ini, selain itu juga saya mendapat banyak sekali pengalaman dan networking dari berbagai daerah yang mempunyai passion fotografi dan videografi”, ungkap Yoga, mahasiswa Ilkom UNIMMA.

Prestasi ini menjadi yang pertama untuk Prodi Ilkom UNIMMA di gelaran kompetisi internasional sebagai juara.  “Alhamdulillah untuk kemenangan mahasiswa ilkom UNIMMA, dari 3 personil yang dikirim mendapatkan hasil yang luar biasa di event internasional,” ujar Prihatin Dwihantoro, Kaprodi Ilkom UNIMMA. Hantoro juga menambahkan bahwa mahasiswa perlu untuk berani untuk action dan menunjukkan kemampuan bahwa orang daerah juga memiliki kemampuan yang luar biasa. 

Rangkaian kegiatan SILAT APIK 2022 juga terdapat agenda seminar, konferensi Youth Communication Day dan workshop internasional.  Tema besar yang diusung pada tahun ini adalah The Challenges of Digital Communication in The New Normal Era. Pembicara seminar adalah Prof. Widodo Muktiyo (Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Novi Kurnia (Universitas Gadjah Mada), Sonny B. Harmadi (Satgas Perubahan Perilaku Covid-19), dan Fajar Junaedi (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Dalam agenda tersebut, UNIMMA juga turut mengirimkan 3 paper yang dipresentasikan untuk dapat dimuat di prosiding Internasional. Harapannya event seperti ini dapat memicu dan memacu mahasiswa yang lain supaya dapat mengikuti lomba-lomba dan konferensi baik nasional maupun internasional. “Kuliah tidak perlu lama-lama, karena dengan prestasi-prestasi seperti ini justru kalian bisa lulus dengan cepat”. Tambah Hantoro.