Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Dukung Pengembangan SDM Berkualitas, 8 Mahasiswa UNJA Terima Beasiswa Pelindo

Dukung Pengembangan SDM Berkualitas, 8 Mahasiswa UNJA Terima Beasiswa Pelindo

MENDALO,- Sebanyak 8 orang mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) menerima beasiswa PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) Regional 2 Jambi. Penyerahan secara simbolik diberikan langsung oleh GM PT Pelindo Regional 2 Jambi, Cepi Rymeta Atmadja, S.Kom., M.M., kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. dan 4 orang perwakilan mahasiswa. Bertempat di Ruang Wakil Rektor III pada Kamis (12/01/23).

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan beasiswa tersebut, Kepala BAK UNJA, Dr. Yatno, S.Pt., M.Si., Subkoordinator Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni, Johnly Boy Bororing, S.H., M.H., serta Pengolah Data Beasiswa dan Bantuan, Martinsyah, S.E.

Beasiswa yang diberikan merupakan program beasiswa Pelindo Champion Scholarship 2022, dengan total nominal sebesar Rp48.000.000,-. Nama-nama para penerima beasiswa tersebut antara lain: Annetri Okvida (Ekonomi Pembangunan FEB), Indah (Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan Fapet), Ami Meilisa (Arkeologi FKIP), Pipin Sri Indah Wahyuningsih (Arkeologi FKIP), Lela Yulia Arjuna (Pendidikan Sejarah FKIP), Muhammad Adib Bisri (Agroteknologi Faperta), Rizqa Amartia (Ilmu Pemerintahan FH), dan Bill Rachmuliza (Agroteknologi Faperta).

GM PT Pelindo Regional 2 Jambi, Cepi Rymeta Atmadja, menjelaskan bahwa bantuan beasiswa yang diberikan ke depannya akan dinaikkan nominalnya dalam membantu mahasiswa UNJA menyelesaikan studinya. Cepi juga berharap ada kerja sama yang bisa dijalin antara kedua belah pihak.

“Rencana kami akan ada kenaikan usulan bantuan beasiswa menjadi seratus juta rupiah yang akan dikoordinasikan juga dengan Pelindo pusat dan civitas akademika UNJA. Pelindo bukan hanya memberikan layanan bongkar muat pelabuhan, namun ada juga bantuan beasiswa dan ada yang namanya TJSL atau tanggung jawab sosial lingkungan. Kami juga ingin ada penelitian dengan civitas akademika UNJA mengenai supply and demand kenapa masih ada ekspor produk Jambi yang menggunakan pelabuhan di luar Jambi. Jika memang ada pembicaraan mengenai MBKM kami akan diskusikan dengan pusat tentang skemanya akan bagaimana,” jelas Cepi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menyampaikan terima kasih kepada Pelindo yang bersedia memberikan beasiswa kepada para mahasiswa UNJA dan berharap akan ada kerja sama antara kedua pihak dalam bentuk program MBKM.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pelindo Jambi untuk memberikan beasiswa kepada para mahasiswa kami. UNJA sendiri menerima beasiswa dari berbagai pihak yang tidak mengikat, baik itu dari pemerintah dalam bentuk KIP, maupun Baznas, Bank Indonesia, Pertamina, dan perusahaa-perusahaan lainnya,” ujar beliau.

“Kita di UNJA diarahkan untuk MBKM, yang salah satunya magang di luar kampus. Kami berharap akan ada program kerja sama kita yang bisa memfasilitasi mahasiswa magang di sana dan mungkin menjadi duta Pelindo. Saya juga akan menindaklanjuti jika memang ada penelitian yang bisa kita kerjakan bersama,” jelas Dr. Teja.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS