Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Universitas Jember Mendukung berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya

Universitas Jember Mendukung berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya

Jember, 12 Januari 2023
Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng IPM. Rektor Universitas Jember mendukung berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya, hal tersebut disampaikan pada pertemuan dengan Rektor Universitas Negeri Surabaya di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (12/01/2023). dalam kunjungan tersebut Rektor Universitas Jember bersyukur atas kiprah Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang telah banyak berkontribusi dalam berdirinya Fakultas Kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri lainnya, salah satunya beberawa waktu yang lalu adalah UPN Veteran Surabaya.

Kendati demikian Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam sambutannya mengatakan, Tujuan berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya untuk mengoptimalkan medis bagi para atlet dengan pencirian sport science dan sport medicine.

“Beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan Kemenkes dan Sekjennya ada himbauan dalam membuka Fakultas Kedokteran tidak semata-mata mencari uang, kemudian dirinya juga meminta beberapa persen, SDM harus dari Indonesia Timur dan itu kita sepakati”, ungkapnya.

Dirinya berharap dalam kunjungan tersebut ada bentuk kolaborasi dan kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Jember dengan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surabaya untuk mewujudkan keinginannya.

“Ada keinginan yang ingin saya wujudkan dengan membuka fakultas kedokteran ini, antara lain agar para atlet Indonesia bisa lebih diperhatikan gizinya dan bisa didandani fisiknya dari awal agar bisa lebih berprestasi”, harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. menegaskan dalam sambutannya bahwa Universitas Jember siap membantu dalam merintis Fakultas Kedokteran UNESA hingga settle nantinya.

“Dalam kunjungan ini selain silaturahim akan ada diskusi kecil terkait dengan upaya kepentingan bersama dalam berdirinya Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri Surabaya, yang sudah dirintis lama tentunya,” katanya.

Dirinya juga bergarap agar dalam kegiatan tersebut mendapatkan solusi untuk kepentingan Fakultas Kedokteran UNESA “tentu dengan pertemuan ini, nanti UNESA akan menyampaikan apa yang diinginkan dan UNEJ dapat memberikan kontribusi apa, Nah, itu mungkin nantinya akan ditemukan hal Positif untuk menemukan solusinya,” tutupnya.(del/is)