Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Unpad dan Bank BJB Bangun Fasilitas Teater Pengetahuan

Unpad dan Bank BJB Bangun Fasilitas Teater Pengetahuan

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran memiliki fasilitas baru di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, yang berkolaborasi dengan Bank BJB. Fasilitas bernama Teater Pengetahuan Unpad ini diresmikan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi, Jumat (13/1/2023).

Pada kesempatan tersebut, Rektor mengatakan bahwa melalui Teater Pengetahuan, Unpad bersama BJB akan membangun distribusi penyebaran pengetahuan pada masyarakat luas, termasuk sivitas akademika.

“Ide dasarnya adalah bagaimana berbagai pengetahuan itu dikelompokkan menjadi mudah diikuti, mudah tersampaikan, dan mudah diingat,” kata Rektor.

Melalui konsep teater berbasis digital, Rektor berharap pengetahuan akan mudah tersampaikan ke masyarakat dengan kemasan yang menarik. Informasi pun bukan hanya diperuntukkan bagi yang datang ke fasilitas ini. Informasi juga dapat disebarkan ke luar dari fasilitas tersebut.

“Ini juga bentuk komitmen Unpad melaksanakan hybrid,” ujar Rektor.

Di Teater Pengetahuan, masyarakat juga dapat mengakses informasi mengenai Unpad termasuk hasil inovasi Unpad. Selain itu, Rektor juga berharap Bank BJB dapat turut memperkaya informasi di fasilitas ini, di antaranya informasi mengenai Jawa Barat.

Sementara itu Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatkan bahwa fasilitas tersebut merupakan salah satu bentuk upaya BJB dalam memajukan pendidikan.

Menurutnya, Unpad dan bank bjb memiliki banyak kesamaan. Selain persamaan dalam hal lahir dan tumbuh di Jawa Barat, Unpad dan BJB juga berupaya memberikan dampak positif bagi kemajuan Jawa Barat, termasuk dalam sektor pendidikan dan perekonomian.

“Oleh karenanya sangatlah tepat apabila Bank BJB memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan infrastruktur penunjang bagi kegiatan pembelajaran di lingkungan Unpad, di antaranya melalui Teater Pengetahuan yang diharapkan dapat mendukung upaya Unpad dalam menyebarkan ilmu secara lebih luas kepada publik,” kata Yuddy.

Lebih lanjut Yuddy berharap, fasilitas ini dapat memudahkan aksses ilmu pengetahun dan informasi guna mendukung pelaksanaan pembelajaran hybrid yang  dilaksanakan di lingkungan Unpad.

“Dengan terbukanya fasilitas Teater Pengetahuan ini diharapkan baik sivitas akademika unpad maupun bagi masyarakat umum dapat dengan mudah mendapatkan akses pengetahuan dan informasi yang bermuara pada kemasalahatan bagi masyarakat, khususnya di lingkungan Jawa Barat,” harap Yuddy (arm)*