Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Kemandirian Kampus, Rektor Resmikan UIN Mart 

Kemandirian Kampus, Rektor Resmikan UIN Mart 
Rektor lakukan pemotongan pita sebagai peresmian UIN Mart.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD meresmikan minimarket “UIN Mart” yang berada di Sport Center UIN RIL, Jumat (13/01/2023).

Peresmian UIN Mart ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor yang disaksikan oleh para jajaran pimpinan, sivitas akademika UIN RIL serta Kepala Area Wilayah Sumbagsel Bank Syariah Indonesia (BSI).

UIN Mart merupakan minimarket milik UIN yang digagas melalui UPT Pusat Pengembangan Bisnis UIN RIL. Barang dan produk yang dijual di UIN Mart bervariasi. Tak hanya makanan dan minuman, ada juga sembako, barang untuk kebutuhan sehari-hari serta alat tulis.

Prof Wan mengajak kepada seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung agar dapat memenuhi kebutuhan apapun dengan membelinya di UIN Mart.

“Jika 1 orang belanja senilai 100 ribu dalam 1 bulan, insyaAllah yang namanya kemandirian keuangan BLU dalam pelayanan kampus yang merupakan pilar ketiga program utama kepemimpinan itu, akan berhasil dan dampak positifnya adalah meningkatkan kesejahteraan sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung,” tutur Prof Wan dalam sambutannya.

Senada dengan rektor, Kepala Pusat Bisnis (Pusbis)UIN Raden Intan Lampung, Dr Evi Ekawati SE MSi mengharapkan seluruh warga UIN bisa memanfaatkan keberadaan UIN Mart ini, “Kami menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi warga kampus, jadi seluruh warga kampus bisa berbelanja di UIN Mart ini untuk memenuhi kebutuhan pokoknya,” ungkap Evi.

Penyerahan keranjang goodie bag UIN Mart sebagai peresmian secara simbolis.

Dia mengatakan bahwa UIN Mart ini adalah milik kita bersama, oleh karenanya mari kita bersama-sama memajukan dan mengembangkan usaha ini untuk kepentingan bersama. “Dari kita, oleh kita dan untuk kita,” ujarnya.

Lebih lanjut Evi menjelaskan selain menyediakan kebutuhan pokok, UIN Mart juga menyediakan berbagai makanan dan olahan khas provinsi Lampung bekerjasama dengan UMKM seputar kampus yang bisa menjadi oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung. Selain itu nantinya akan ada juga berbagai souvenir dan cinderamata khas UIN Lampung.

Untuk tahap lanjut, UIN Mart juga akan melibatkan dan menggerakan mahasiswa untuk memproduksi berbagai produk ekonomi kreatif lainnya, pungkas Evi.

Tidak hanya meresmikan UIN Mart, Rektor juga meresmikan Bank Sampah yang akan dikelola oleh Tim Green Campus UIN RIL.

Rektor berharap, selain menjadi the greenest campus, ia juga menginginkan UIN RIL dapat menjadi the cleanest campus dengan adanya gerakan Bank Sampah tersebut.

Dia menambahkan bahwa hal tersebut bukan hanya sebatas gerakan-gerakan moral sosial semata, namun juga gerakan ekonomis, yang nantinya Tim Green Campus akan mengolah sedemikian rupa kegiatan ini untuk meningkatkan produktivitas yang bernilai ekonomis bagi seluruh sivitas akademika UIN RIL. (An/HI)