Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Universitas Teknokrat Indonesia Tambah Tenaga Pengajar Doktor, Dr Ryan Randy Suryono SKom MKom Lulus dari UI

Universitas Teknokrat Indonesia Tambah Tenaga Pengajar Doktor, Dr Ryan Randy Suryono SKom MKom Lulus dari UI

Universitas Teknokrat Indonesia kembali menambah tenaga pengajarnya dengan gelar Dr. Ryan Randy Suryono Skom Mkom berhasil menyelesaikan pendidikan Dr-nya di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia kemarin atas dorongan Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom.

Tesis Ryan berjudul “Regulasi Fintech P2P Lending Indonesia Berbasis Berita Online, Twitter dan Komentar Google Playstore”.

Sekilas tentang Tesis Dr. Ryan

Dr. Ryan lulusan UI

Isi utama tesis Ryan menjelaskan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator mengeluarkan Peraturan Nomor 10 Tahun 2022 tentang layanan co-financing berbasis IT untuk mengawasi praktik fintech P2P lending di Indonesia.

Saat ini, pemantauan tersebut dilakukan dengan menerima laporan dari anggota masyarakat yang mengirimkan dokumen dan bukti pengaduan melalui LAPOR!, website Asosiasi Fintech Federasi Indonesia (AFPI), dan homepage Kelompok Kerja Waspada Investasi (SWI).

Pada saat yang sama, semakin banyak orang yang menyampaikan keluhan melalui media sosial. Untuk alasan ini, regulator perlu mengembangkan strategi baru yang menggunakan kecerdasan komputer untuk pengawasan.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa UTI Selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMAN 1 Metro, Siswa Dibekali Pengetahuan Merakit Pesawat dan Drone

Penelitian ini bertujuan untuk membangun proses bisnis pengaturan fintech P2P lending di Indonesia berdasarkan berita online, Twitter, dan ulasan Google Playstore. Gunakan Notasi Pemodelan Proses Bisnis (BPMN) untuk menjelaskan model tata kelola baru yang diusulkan.

Dr. Ryan lulusan UI

Selanjutnya realisasi proses bisnis diwujudkan dengan pembuatan prototype. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode text mining seperti ekstraksi informasi menggunakan pengenalan entitas bernama (NER), analisis sentimen dan pemodelan topik menggunakan alokasi laten Dirichlet (LDA).

Temuan dari penelitian ini berkontribusi pada proses regulasi baru yang diusulkan berdasarkan berita online, ulasan Twitter dan Google Playstore yang dapat mengidentifikasi platform fintech ilegal, mengidentifikasi platform fintech resmi yang bermasalah, dan mengangkat masalah pinjaman P2P.

Oleh karena itu, penerapan proses regulasi ini menguntungkan pemangku kepentingan seperti Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kelompok Kerja Waspada Investasi (SWI) dan Asosiasi Fintech serta meningkatkan perlindungan konsumen.

Ryan sendiri lulus dengan IPK 3,92. Ia telah menyelesaikan pendidikan selama 4,5 tahun dengan nilai yang sangat memuaskan.

Ryan mengatakan motivasinya meraih gelar Dr karena ingin menjadi dosen dan peneliti berpengaruh yang bermanfaat bagi masyarakat.

Rektor UTI beri Ucapan Syukur

Dr. Ryan lulusan UI

Rektor Dr HM Nasrullah Yusuf SE MBA mengucapkan syukur kepada Allah Swt, salah satu dosen Teknokrat sudah lulus doktor dari UI. Ryan, kata dia, adalah doktor lulusan UI pertama di Teknokrat. Harapannya, makin banyak yang mengikuti jejak Ryan untuk studi lanjut di UI.

Nasrullah mengatakan, ia memang pernah menyampaikan kepada Ryan saat wisuda sarjana untuk bisa menembus batas dan punya cita-cita yang tinggi.

“Alhamdulillah sekarang Ryan sudah memperolehnya. Dosen kami yang doktor dari UI,” ujar Nasrullah.