Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Perayaan Natal Sebagai Wujud Perubahan Penuh Sukacita

Perayaan Natal Sebagai Wujud Perubahan Penuh Sukacita

Soegijapranata Catholic University (SCU) merayakan Natal dan Tahun Baru dengan mengadakan perayaan ekaristi natal dan pentas seni di Auditorium Gedung Albertus, pada Kamis (12/1/23). Acara ini dihadiri para civitas akademika, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, satpam, petugas cleaning service, hingga para dosen dan tenaga kependidikan yang telah purna karya.

Perayaan Natal bersama ini diisi dengan serangkaian acara kebersamaan yang penuh sukacita. Kesukacitaan natal tidak hanya dirasakan para civitas akademika, namun juga kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ketua panitia natal, Fidelis Aggiornamento Saintio S.Fil., M.I.Kom, menuturkan bahwasanya sukacita natal tidak hanya dinikmati oleh diri sendiri tetapi membagikan sukacita ke orang lain. “Dari sudut kebersamaan moment natal ini bukan hanya membagikan sukacita ke dalam diri kita, perayaan natal bukan sekadar selebrasi. Tetapi dengan partisipasi bapak/ibu lewat amplop aksi sosial dan melalui uluran kasih para donatur, kita membagikan sukacita kita kepada pihak yang membutuhkan seperti kepada korban banjir pada awal tahun Januari kemarin, sumbangan darah melalui kegiatan donor darah di bulan desember yang lalu, dan bakti pendidikan bagi teman-teman SMP-SMA yang membutuhkan,” tuturnya.

Selain itu, acara perayaan natal pada tanggal 12 Januari 2023 ini juga diisi dengan penampilan seni para mahasiswa dan tenaga kependidikan seperti tari-tarian, orkestra, monolog, menyanyi dan sebagainya. Acara perayaan natal semakin meriah karena ada pengundian doorprize bagi para civitas. 

Rektor Unika Soegijapranata, Dr. Ferdinandus Hindarto S.Psi., M.Si dalam sambutannya juga turut berbagi kabar sukacita dengan meluncurkan logo Soegijapranata Catholic University (SCU). “Apa yang akan dan harus dilakukan dalam perayaan natal, saya akan membacakan sebuah kutipan dari patron kita Monsinyur Soegijapranata yaitu mengajak agar umat katolik untuk berani melakukan perubahan dalam diri dan dalam komunitas masing-masing. Perubahan dari habitus lama ke habitus baru,” terang Ferdinandus dalam sambutanya (12/1/23).

Perubahan yang disebut oleh Ferdinandus ini terkait logo baru Soegijapranata Catholic University (SCU) dan sekaligus mencanangkan perubahan dengan ketentuan SK Rektor Nomor 088 Bulan Januari 2023 tentang pemberlakuan budaya sukacita dalam pelayanan dan perutusan, serta meresmikan logo SCU.

“Tempora Mutantur, Et Nos Mutamur In Illis, artinya jaman itu berubah kitapun turut berubah pula sebab masa dan manusia itu saling mempengaruhi. Meskipun segala sesuatu yang bersifat fana, sementara dan duniawi baik di sekitar kita maupun di dalam diri kita sendiri terus berubah terus menerus, di dalam hati kita terdapatlah suatu kehasratan dan kerinduan yang tidak berubah tetapi tinggal sama sepanjang hidup. Hasrat dan kerinduan yang tidak berubah bagi manusia adalah kebahagiaan yang sempurna dan sejati,” terang Ferdinandus melalui kutipan Monsinyur Soegijapranata.

Perayaan natal ini diwujudkan dalam bentuk konkret mengenai perubahan. Maksudnya ialah perubahan dalam cara melayani mahasiswa, cara mengajar, cara membimbing, cara orang-orang melayani dalam budaya baru yaitu sukacita untuk mewujudkan joyful campus and joyful learning. [Humas SCU/Kris]