Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

15 Mahasiswa UMJ Terima Beasiswa BARISTA BRIN

15 Mahasiswa UMJ Terima Beasiswa BARISTA BRIN

15 mahasiswa UMJ menerima beasiswa Bantuan Riset bagi Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA) dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam bentuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Ruang Rapat lt. 3 Gedung Civilization Centre UMJ, pada Jum’at (13/1).

Program BARISTA merupakan salah satu program pemberian bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan riset kepada mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma 4 dan Sarjana (S1, S2, S3) untuk menyelesaikan tugas akhir penelitian yang berbasis kerja sama riset di unit kerja lingkungan BRIN. Hal serupa dijelaskan secara gamblang oleh Nofyan Safri, S. Sos.I. kepala koordinator program beasiswa BARISTA BRIN bahwa beasiswa ini dikhususkan untuk membayar uang pokok atau uang kuliah serta sebagai dana penelitian tugas Akhir.

Pendaftaran Program dibuka selama satu (1) tahun. Seleksi penerima beasiswa tersebut dilakukan dua kali selama jangka waktu program yaitu pada bulan Juni dan Desember. Syarat penerima beasiswa tersebut adalah Mahasiswa aktif tingkat akhir jenjang Diploma IV/S1 maksimal pada semester 8 pada saat penetapan, Jenjang S2 maksimal pada semester 5 pada saat penetapan, dan Jenjang S3 maksimal pada semester 8 pada saat penetapan). Adapun syarat setiap mahasiswa yang ingin mengajukan telah memiliki proposal riset yang sedang dilakukan untuk menyusun tugas akhir yang berkolaborasi dengan kelompok riset dilingkungan Badan Riset dan Inovasi Nasional, adanya rekomendasi dari universitas, Rekomendasi dari mentor/pembimbing dari unit kerja di BRIN, sudah mengikuti mata kuliah metode penelitian, menyampaikan luaran program (skripsi/tesis/disertasi), dan mendaftar melalui sistem informasi BARISTA.

Dr. Ir. Mutmainah, MM. menyampaikan bahwa pemerintah sepenuhnya mempercayakan beasiswa BARISTA BRIN kepada institusi UMJ maka dari itu Mutmainah berharap kepada mahasiswa penerima beasisa BARISTA BRIN untuk menyelesaikan penelitian tepat pada waktunya sebagai bentuk pertanggung jawaban atas apa yang telah diterima.

“Kepercayaan ini merupakan wujud rasa percaya pemerintah kepada institusi UMJ dimana kita sebagai penerima jangan sampai mengecewakan karena apabila kepercayaan ini sudah hilang maka tidak akan ada lagi rasa percaya kepada seseorang.” ujar Mutmainah

Lebih lanjut, Mutmainah menyampaikan pesan kepada mahasiswa penerima beasiswa untuk memanfaatkan dan digunakan dengan baik bantuan penelitian yang telah diberikan mulai dari proposal, data penelitian, hingga akhir hasil penelitian.

Sementara itu, Nofyan mengatakan penerima bantuan besiswa berupa uang kuliah tunggal yang diberikan kepada 15 mahasiswa diantaranya satu program Doktor (S3) prodi Manahement Pendidikan Islam (MPI), 10 mahasiswa (S1) Faperta prodi Agroteknologi (S1), empat mahasiswa (S1) FEB prodi Manajemen dan Akuntansi.

Kegiatan Penyerahan Bantuan UKT BARISTA 2022 Direktorat Manajemen Talenta Deputi Bidang Sumberdaya Manusia IPTEK Badan Riset dan Inovasi Nasional, bertempat di Ruang Rapat lt. 3 Gedung Civilization Centre UMJ, pada Jum’at (13/1).

Jumlah pembiayaan Beasiswa yang diberikan dari BRIN tersebut dalam Program BARISTA ini akan diberikan uang kuliah tunggal maksimal 2 (dua) semester dengan nominal paling banyak berjumlah Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) per-semester yang disalurkan ke rekening perguruan tinggi atau dana bantuan riset untuk jenjang diploma IV/strata satu (S1) berjumlah Rp9.600.000,00 (sembilan juta enam ratus ribu) dalam dua semester; dan jenjang strata tiga (S3) berjumlah Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) dalam dua semeter, yang disalurkan ke rekening penerima BARISTA setelah mengunggah luaran program (skripsi/tesis/disertasi).

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh Mutmainah kepada BRIN yang telah memberikan amanah besar kepada UMJ sehingga beasiswa ini banyak membantu bagi mahasiswa penerima beasiswa BARISTA untuk lulus tepat waktu. (KH/KSU)