Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Kick Off Meeting Perdana PRESS Project dengan 8 Universitas di Eropa

Kick Off Meeting Perdana PRESS Project dengan 8 Universitas di Eropa

(Untirta-13/1/23) – Tim Peneliti Riset Konsorsium UNTIRTA telah melakukan pertemuan daring perdana “Kick Off Meeting” dengan 8 Universitas dari Indonesia dan Eropa secara daring. Projek riset ini diberi nama PRESS (Promoting Relevant Education in Science for Sustainability) dengan tujuan meningkatkan kapasitas guru dan mahasiswa calon guru sains untuk mempromosikan Pendidikan dan pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development) yang merupakan program SDG’s UNESCO 2030. Dalam pertemuan tersebut, perwakilan ketua projek dari Untirta, Dr.rer.nat. Robby Zidny, S.Pd, M.Si memperkenalkan kampus UNTIRTA kepada seluruh peserta. Anggota grup riset ini terdiri dari Dosen Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Kimia  yaitu : Dr. Solfarina, :SPd, M.Si, Indah Sari, M.Pd, Ratna Sari Siti Aisyah, M.Pd, dan dari jurusan Pendidikan fisika yaitu Yuvi Oktarira, Ph.D serta Udi Samanhudi, Ph.D dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.
Menurut Udi yang juga merupakan Kepala Pusat Layanan Internasional Office Untirta, ‘Kick Off meeting ini merupakan awal kegiatan projek penelitian tim Untirta dengan tim peneliti dari 8 negara lainnya di Eropa yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu dua tahun ke depan”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa kegiatan berikutnya adalah kick off meeting yang akan dilakukan secara offline di dua negara anggota projek penelitian ini yaitu Finlandia dan Jerman di awal bulan Mei mendatang.

Turut bergabung juga 8 universitas lainnya yaitu UNIVERSITAET BREMEN, ILIA STATE UNIVERSITY, UNIVERSITAET KLAGENFURT, HELSINGIN YLIOPISTO, UNIVERSITAS NEGERI MALANG, THE ARAB ACADEMIC COLLEGE OF EDUCATION-HAIFA, THE DAVID YELLIN ACADEMIC COLLEGE OF EDUCATION, SHOTA RUSTAVELI STATE UNIVERSITY. (Udi-IO)