Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Calon Peserta SNPMB 2023 Harus Perluas Wawasan, Perbanyak Informasi Tentang Program Studi

Calon Peserta SNPMB 2023 Harus Perluas Wawasan, Perbanyak Informasi Tentang Program Studi

Jember, 13 Januari 2023
Pendaftaran akun Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 untuk sekolah dan siswa sudah dimulai. Sesuai dengan arahan dari Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2023, sekolah dan siswa dihimbau segera membuat akun tanpa harus menunggu menit-menit akhir. Kedua, siswa calon peserta SNBP 2023 harus memperluas wawasan dan memperbanyak informasi mengenai berbagai program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar siswa tidak lagi berkumpul memilih program studi tertentu saja.

Jika pilihan program studi siswa hanya tertuju pada program studi tertentu saja, seperti yang terjadi selama ini maka dipastikan akan banyak siswa yang gugur dalam seleksi mengingat kompetisi yang ketat. Padahal program studi lain juga tak kalah mentereng dan memiliki masa depan cerah jika siswa mendalaminya secara sungguh-sungguh, serta melengkapi dirinya dengan berbagai softskill. Dua himbauan tersebut disampaikan oleh Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto di depan siswa kota Surabaya yang menghadiri ajang Campus Expo Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Surabaya di gedung DBL Arena Surabaya (12/1).

“Dari pengamatan kami di Universitas Jember, setiap tahunnya pilihan program studi siswa SLTA selalu berkumpul di program studi itu-itu saja. Jika di kelompok Saintek pilihan utamanya masih berkisar di program studi rumpun kesehatan. Sementara di kelompok Soshum maka kebanyakan siswa akan memilih Program Studi Manajemen. Padahal masih banyak pilihan program studi lainnya. Oleh karena itu ayo buka wawasan dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keistimewaan masing-masing program studi,” tutur Rokhmad Hidayanto.

Dirinya lantas membuka data Universitas Jember pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022 lalu. Di kelompok Saintek, animo terbanyak diperoleh Program Studi Farmasi dengan pelamar sebanyak 1.408 sementara yang diterima 48 orang. Disusul Program Studi Ilmu Keperawatan dengan pelamar 1.322 dan yang diterima 60 orang. Di tempat ketiga adalah Program Studi Pendidikan Dokter yang menerima 30 calon mahasiswa dari 1.124 pelamar. Untuk kelompok Soshum ada Program Studi Manajemen yang diminati oleh 1.108 peserta sementara yang dietrima 81 orang. Di posisi kedua adalah Program Studi Pendidikan Guru SD dengan peminat 789 dan menerima 41 orang. Sementara Program Studi Administrasi Bisnis menerima 51 mahasiswa setelah menyeleksi 660 peserta.

Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember ini lantas menambahkan, membuka wawasan diantaranya dengan memperhatikan kecenderungan kondisi dunia saat ini. Semisal dunia kerja membutuhkan lulusan yang memiliki literasi digital, kemampuan bekerjasama dan daya adaptasi dalam segala situasi di dunia yang kini makin cepat berubah. Kemampuan softskill tadi bisa diperoleh di kampus tanpa harus terpaku pada satu program studi saja. Apalagi Kemendikbudristek sudah menerapkan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar dimana saja, magang, penelitian bahkan berwirausaha. Termasuk belajar di luar kampusnya hingga luar negeri.

Sebelumnya ketua panitia kegiatan, Supono Adi Sucipto menjelaskan, ajang Campus Expo MGBK Surabaya tahun ini digelar secara luring untuk kali pertama setelah dua tahun sebelumnya dilakukan secara daring karena pandemi Covid-19. “Tujuannya memberikan tambahan informasi mengenai dunia perguruan tinggi kepada siswa sehingga mereka bisa memilih perguruan tinggi yang dikehendaki sesuai minat dan bakatnya. Dan dengan penjelasan dari perwakilan PTN maka kami berharap wawasan siswa akan terbuka, terutama terkait strategi memilih program studi melalui SNPMB 2023,” jelas Supono Adi Sucipto.

Terdapat delapan PTN di Jawa Timur yang turut serta, termasuk Universitas Jember. Panitia dari MGBK Surabaya juga menghadirkan 36 Perguruan Tinggi Swasta untuk turut serta berpameran. Kegiatan Campus Expo MGBK Surabaya 2023 yang mengambil tema “Rise Up To The Next Level” juga mengundang peserta dari perguruan tinggi di Malaysia dan Turki. “Saya berencana memilih Program Studi Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi sebagai tujuan di SNBP dan SNBT 2023 nanti. Alhamdulillah ada acara ini jadi kami mudah mencari informasi di PTN yang memiliki kedua program studi tersebut,” kata Nabilla Khairun Nisa siswi SMAN 12 Surabaya yang hadir di Campus Expo MGBK Surabaya 2023 siang itu. (iim)