Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

UAD Gelar Pelepasan Mahasiswa PMM-DN

UAD Gelar Pelepasan Mahasiswa PMM-DN

Pelepasan Mahasiswa PMM-DN di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Humas dan Protokol UAD)

Kamis, 12 Januari 2023, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Pelepasan untuk Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) Angkatan Kedua Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Kampus II UAD dan dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Bidang Akademik UAD, Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD, dosen modul Nusantara, Kepala Program Studi (Kaprodi) UAD, mahasiswa PMM-DN, serta tamu undangan.

Dr. Ishafit, M.Si. selaku Ketua Pelaksana PMM 2 UAD dalam laporannya menyebut, sebanyak 55 mahasiswa yang berasal dari 27 perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah melaksanakan proses perkuliahan di UAD selama kurang lebih 4,5 bulan.

“Ke-55 mahasiswa peserta program pertukaran telah melaksanakan perkuliahan dengan mengambil mata kuliah reguler, ditambah 4 SKS kegiatan modul Nusantara untuk menambah wawasan kebangsaan dan kebinekaan Indonesia,” paparnya. “Tak hanya itu, mereka pun dibimbing untuk selalu merawat keberagaman dalam tim yang berguna untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.”

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik UAD Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. menyampaikan harapan, “Mudah-mudahan dengan adanya PMM-DN ini para mahasiswa yang tergabung bisa menjadi insan-insan yang lebih baik walaupun proses pembelajaran ini hanya berlangsung dalam waktu 4,5 bulan,” imbuhnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Jannatul Husna, Ph.D.

Menariknya, di akhir acara para peserta PMM-DN menampilkan berbagai keterampilannya mulai dari menyanyi, menari, baca puisi, musikalisasi puisi, hingga solo dance. Mereka tampil apik menghibur tamu undangan diselingi pembacaan penghargaan bagi peserta dengan kategori teraktif, ter-humble, hingga tergokil.

Hikmayati Dasing, salah satu mahasiswa PMM-DN yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, menyampaikan betapa senangnya bisa diterima oleh UAD dalam program pertukaran ini. “Mengikuti program pertukaran mahasiswa merupakan mimpi saya sejak SD. Alhamdulillah saya sangat bangga dan bersyukur bisa diterima oleh UAD.” Ia juga mengatakan, banyak hal yang dipelajari terkait budaya, etika, hingga cara menumbuhkan motivasi dalam meraih kesuksesan. (eka)

uad.ac.id