Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Jawab Tantangan, Mahasiswa Teknologi Pangan UAD Gelar Pameran Produk Pangan

Jawab Tantangan, Mahasiswa Teknologi Pangan UAD Gelar Pameran Produk Pangan

Gelar Pameran Produk Pangan mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan(UAD) (Foto: Sinta)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknologi Pangan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan pameran sebagai hasil praktikum pengembangan produk dan inovasi pangan di Kampus IV UAD pada Kamis, 12 Januari 2023. Mereka juga mengadakan talkshow dengan tema “Indonesian Flavorful Snacks” untuk menjawab tantangan dan peluang yang ada di Indonesia, khususnya mengenai inovasi makanan ringan atau kudapan.

Amalya Nurul Khairi, S.T.P., M.Sc. hadir sebagai pembicara. Ia memaparkan bahwa tantangan dalam dunia pangan saat ini adalah daya konsumsi makanan ringan di Indonesia masih rendah, padahal kekayaan rempah dan rasa di Indonesia melimpah.

“Daya konsumsi masyarakat Indonesia masih rendah yaitu hanya sekitar lima dolar Amerika Serikat per tahun. Hal ini membuat kita berpikir untuk membuat kudapan yang inovatif dan menarik bagi masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, Indonesia merupakan penghasil rempah terbanyak di dunia, tetapi masih mengimpor perasa makanan dari luar negeri. Ini sangat disayangkan jika melihat potensi pasar kudapan yang lumayan besar di Indonesia, tetapi tidak bisa memproduksi bahan perasa makanan secara mandiri dan bergantung kepada negara lain.

Amalya melanjutkan, tantangan yang ada menjadikan peluang untuk menciptakan makanan ringan yang sehat, unik, dan menarik. Salah satu inovasi sehat yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti garam dengan bahan lain untuk produksi makanan ringan gurih yang digemari masyarakat. Bahan pengganti tersebut dapat berupa produk fermentasi berbahan dasar ikan, kedelai, atau buah-buahan.

Kemudian, variasi rasa makanan ringan juga dapat dimodifikasi menjadi sesuatu yang tidak terduga. Misalkan makanan ringan keripik pisang rasa sapi panggang, teh rasa jahe, dan lainnya, dengan memperhatikan rasa favorit masyarakat Indonesia.

Dalam pameran ini, berbagai macam makanan ringan berbasis tradisional disajikan dengan inovasi unik. Di antaranya cokelat dengan rasa jahe, comro berisi kari, curos ubi ungu saus gula jawa dan jahe, dan makanan lainnya. Pengunjung dapat menikmati makanan-makanan tersebut secara gratis. (sin)

uad.ac.id