Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

417 ATLET DARI BERBAGAI DAERAH BERPARTISIPASI DALAM MAGIC SPORT MAN 1 GRESIK 2023

417 ATLET DARI BERBAGAI DAERAH BERPARTISIPASI DALAM MAGIC SPORT MAN 1 GRESIK 2023

417 ATLET DARI BERBAGAI DAERAH BERPARTISIPASI DALAM MAGIC SPORT MAN 1 GRESIK 2023

Ratusan siswa dari berbagai daerah hadir di MAN 1 Gresik. Mereka mulai memenuhi halaman MAN 1 Gresik sejak pukul 05.30 WIB. Kedatangan ratusan siswa dan guru sejak pagi untuk mengikuti gelaran magic Sport yang mulai dilaksanakan pada 14 Januari 2022.

Pembukaan Magic secara seremonial dilaksanakan mulai pukul 08.00. Sebagai pembina apel yakni Drs. H. Abdus Salam, M.Sc. dalam sambutannya selaku Waka Kesiswa beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba Magic Sport. Beliau berpesan kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi namun juga menjadi ajang untuk memererat tali silaturrahim antarpelajar dari berbagai daerah yang hadir di MAN 1 Gresik. Beliau berpesan agar dalam mengikuti Magic Sport selalu menjaga sportivitas antar atlet sehingga tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan. Panitia sudah berupaya sekuat tenaga agar Magic Sport dapat berjalan lancar, lebih kurang persiapan Magic Sport sendiri menelan waktu dua bulan terakhir. Kegiatan ini pun melanjutkan gelaran Magic Sport pada tahun sebelumnya dan ada beberapa perubahan-perubahan yang dilakukan oleh panitia disesuaikan dengan situasi dan keadaan. Meskipun demikian, Waka Kesiswaan alumni UGM Yogyakarta tersebut pun merasa bersyukur atas antusiasme peserta yang hadir di MAN 1 Gresik. Hal itu terbukti dari jumlah atlet yang berpartisipasi dalam Magic Sport tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut bapak Muhammad Arif Hidayatullah, M.Pd selaku kordinator Magic Sport 2023 bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar siswa SMP/MTs dapat menambah jam terbang dalam bidang olahraga yang digelutinya. Sehingga melalui Magic Sport ini nanti dapat memunculkan atlet-atlet andal di masa yang akan datang. Agar semakin menarik minat peserta kegiatan yang diikuti oleh 417 peserta dari berbagai daerah ini dilaksanakan tanpa menarik uang kontribusi sepeserpun dari peserta Magic Sport. Selain itu, hadiah dalam lomba yang dilaksanakan hingga 18 Januari 2023 ini semuanya berupa voucher pendidikan. Dengan voucher pendidikan yang diberikan kepada atlet yang berhasil juara dalam Magic Sport, mereka nanti akan mendapatkan gratis SPP selama 6 bulan.

Menurut guru Bimbingan Konseling alumni Universitas Negeri malang tersebut bahwa terdapat perbedaan dalam pelaksanaan Magic Sport 2022 dengan Magic Sport 2023. Kalau pada Magic Sport 2022 pelaksanaan lomba atletik dilaksanakan di stadion Gelora Joko Samudro Gresik, namun pada tahun ini lomba atletik dilaksanakan di MAN 1 Gresik dan lingkungan sekitar MAN 1 Gresik. Tujuannya para peserta Magic Sport dapat lebih mengenal lingkungan madrasah dan Desa Bungah secara umum.

Kegiatan Magic Sport 2023 dilaksanakan selama tiga hari yaitu Sabtu 14 Januari 2023, Selasa 17 januari 2023, dan Rabu 18 januari 2023. Pada tahun ini Magic Sport memertandingkan 8 cabor lomba dengan 14 kategori yang berbeda. Adapun 8 cabor lomba tersebut Lari Cross Country, Atletik Kidz beregu 4 orang, lompat jauh , bulu tangkis, Tenis Meja, Catur, Pencak Silat, dan Voli.