Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Siapkan Bibit SDM Unggul, Unpad Hadirkan Layanan Penitipan Anak “I’m Care Puspa”

Siapkan Bibit SDM Unggul, Unpad Hadirkan Layanan Penitipan Anak “I’m Care Puspa”

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti meresmikan fasilitas Pusat Penitipan Anak Sehat (Puspa) di Gedung Pusat Akademik, Inovasi, Teknologi, dan Riset (Pamitran) Unpad, Jalan Eijkman No.38, Bandung, Sabtu (14/1/2023).

Layanan penitipan anak bertajuk “I’m Care Puspa” ini merupakan implementasi dari Hibah Matching Fund Kedaireka tahun 2022 dari Kemendikbudristek dengan ketua tim Windy Rakhmawati, M.Kep, PhD, dengan anggota sejumlah dosen dari Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Kedokteran Gigi.

Dalam sambutannya Rektor mengapresiasi kerja tim Kedaireka “I’m Care Puspa” dalam mewujudkan layanan penitipan anak di kampus Unpad, khususnya di kampus Bandung. Fasilitas “I’m Care Puspa” tidak sekadar membuka layanan penitipan anak-anak, tetapi juga ruang hilirisasi yang mempertemukan ide, produk inovasi, dan penggunanya.

“Kami mendorong siapa pun di Unpad untuk menghasilkan inovasi yang kiranya betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rektor.

Bagi Rektor, I’m Care Puspa menjadi ruang bagi Unpad untuk mempersiapkan calon sumber daya manusia Indonesia. Fasilitas ini memastikan anak-anak memiliki tumbuh kembang optimal serta sehat jasmani, mental, dan rohani melalui tangan pengelola Puspa Unpad.

Hal tersebut didukung dengan integrasi teknologi informasi sehingga orang tua dapat memonitor langsung proses aktivitas dan tumbuh kembang anak selama berada di Puspa. Diharapkan, anak-anak yang dititipkan di Puspa dapat menjadi generasi penerus yang sukses di masa datang.

Rektor berharap, hadirnya layanan baru ini tidak sekadar terus berjalan dan dipelihara fasilitasnya. Akan tetapi, ada keberlanjutan dalam pengembangan Puspa Unpad ke depannya. “Sehingga tujuan besarnya pada peningkatan kualitas SDM dari anak yang dititipkan ini menjadi terwujud,” kata Rektor.

Dekan Fkep Unpad Prof. Kusman Ibrahim, PhD, mengatakan, fasilitas Puspa yang baru diresmikan ini merupakan bagian dari komitmen fakultas dalam mendukung pengembangan aktivitas akademik di Gedung Pamitran Unpad.

Di sisi lain, layanan ini berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan keluarga muda yang sedang berkarier di dunia kerja. “Kami menyadari saat ini banyak sekali keluarga muda yang berkarier. Tentunya kebutuhan akan pengasuhan anak sangat diperlukan. Hadirnya Puspa ini mudah-mudahan bisa meringankan beban bagi ibu muda yang sedang bekerja,” ujarnya.

Hadirnya Puspa di Gedung Pamitran ini menambah layanan Puspa di kampus Unpad. Sebelumnya, Puspa Unpad telah dibuka di kampus Jatinangor dengan fasilitas layanan penitipan anak dan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Windy Rakhmawati memaparkan, I’m Care Puspa dikembangkan untuk menjawab kebutuhan orang tua, terutama ibu-ibu pekerja, yang kesulitan dalam memberikan perawatan anak yang baik. Di Puspa,  program pengasuhan dilakukan oleh tenaga terampil yang memiliki pengetahuan dalam proses pengasuhan dan tumbuh kembang anak.

Selain itu, fasilitas di I’m Care Puspa juga lengkap. Mulai dari ruangan bermain, ruangan tidur, hingga fasilitas spa bayi, pijat bayi, dan perawatan bayi baru lahir. Pengguna juga bisa memantau aktivitas anak di tempat penitipan melalui perangkat kamera CCTV yang terkoneksi ke aplikasi “I’m Care Puspa”.

Melalui aplikasi tersebut, orang tua dapat memantau aktivitas anak secara berkala serta mengetahui perkembangan tumbuh kembang anak melalui laporan yang tersaji.

Acara peluncuran “I’m Care Puspa” juga diisi lomba mewarnai, lomba fotogenik, serta pemeriksaan gigi anak gratis dan pemeriksaan tumbuh kembang anak gratis.*