Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

UIN BANDUNG AMBIL BAGIAN DALAM KEGIATAN JALAN SEHAT KERUKUNAN DAN DEKLARASI DAMAI KEMENAG RI

UIN BANDUNG AMBIL BAGIAN DALAM KEGIATAN JALAN SEHAT KERUKUNAN DAN DEKLARASI DAMAI KEMENAG RI

(UINSGD.AC.ID)-Rektor Prof Mahmud MSi CSEE, beserta para pimpinan di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama di halaman kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak keluarga besar Kementerian Agama bersama para tokoh agama dan pemuda untuk terus merawat kerukunan, menghargai perbedaan, dan menghindari perpecahan.

Ikut mendampingi, Wamenag Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar Ali, serta pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Selain ribuan ASN Kementerian Agama, Jalan Sehat Kerukunan ini diikuti masyarakat dan para tokoh agama yang secara bergantian membacakan doa, yaitu KH Aunullah A’la Habib (Islam), Pendeta Jimi MI Sormin (Kristen), Romo Agustinus Heri Wibowo (Katolik), Wisnu Bawa Tenaya (Hindu), Asun Gautama (Buddha), dan Xs. Budi Santoso Tanuwibowo (Khonghucu). 

Hadir juga para tokoh penghayat kepercayaan, serta tokoh pemuda dan perempuan dari berbagai agama, antara lain Alissa Wahid, Sunanto (Ketua Pemuda Muhammadiyah), tokoh pemuda Katolik, Kristen, Konghucu, Buddha, dan Hindu. Dari kalangan influencer, hadir antara lain Habib Husein Jafar (Islam), Frans Nicholas (Kristen), Olga Lydia (Katolik), dan Cecilia (Khonghucu).

Dalam kesempatan ini, dibacakan Deklarasi Damai Umat Beragama oleh pendakwah yang juga influencer Indonesia, Habib Husein Jafar Al Hadar. Dalam deklarasi tersebut, para tokoh agama bersama ASN Kemenag yang hadir menegaskan komitmen mereka untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye dan aktivitas politik praktis.