Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

PELUANG KARIER DAN LATIHAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH

<strong>PELUANG KARIER DAN LATIHAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH</strong>

Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

(UINSGD.AC.ID)-Karier menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah: 1) Perkembangan dan kemajuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan, dan sebagainya: 2) Pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju.

Di era sekarang ini, seorang sarjana dituntut mempunyai skill (keterampilan) tambahan untuk merebut peluang karier. Biasanya kompetensi keahlian seorang sarjana tidak cukup hanya berdasarkan bidang keilmuannya saja. Dalam kasus ini, seorang sarjana perlu tambahan keterampilan lain yang selaras.

Keterampilan dalam menulis artikel ilmiah dapat menjadi peluang karier di masa depan. Di antaranya karier sebagai pelatih penulisan artikel ilmiah untuk siswa tingkat Madrasah Aliyah (MA) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Pengenalan menulis artikel ilmiah dibutuhkan oleh siswa tingkat MA/SMA sebagai persiapan untuk memasuki bangku kuliah di pendidikan tinggi.

Bahkan, kita sering mendengar tentang perlombaan penulisan karya ilmiah atau olimpiade sains untuk tingkat MA/SMA. Dengan demikian, siswa MA/SMA benar-benar membutuhkan kemampuan kapasitas keterampilan dalam penulisan artikel ilmiah.

Sarjana dapat mengisi kebutuhan di atas. Sejak di masa kuliah, mahasiswa diharapkan bersedia latihan menulis artikel ilmiah. Bahkan, diupayakan artikelnya terbit di jurnal ilmiah. Penulisan artikel dan publikasi ilmiah keseluruhannya merupakan keterampilan. Keterampilan ini hendaknya terus diasah supaya menjadi terlatih.

Untuk siswa tingkat MA/SMA sampaikan materi penulisan artikel ilmiah dalam bentuk yang sederhana. Siswa tingkat MA/SMA sudah biasa melakukan penelitian atau riset sederhana. Seperti studi komparatif, kelas laboratorium, observasi, dan wawancara serta praktik lapangan lainnya. Semua ini menjadi bahan yang menarik untuk latihan menulis artikel ilmiah.

Saat latihan menulis artikel ilmiah supaya diperhatikan kerapian, teknik pengutipan, prosedur, dan struktur penulisan. Semua keterampilan ini dapat diperkuat oleh mahasiswa sehingga nanti bisa menjadi pelatih kepenulisan artikel ilmiah untuk tingkat MA/SMA.

Sebagai informasi, pelatihan dan bimbingan riset merupakan hal yang sudah lazim dilaksanakan khususnya bagi siswa yang memiliki minat melanjutkan kuliah di luar negeri. Sebab, pendidikan tinggi di sana umumnya memberi penekanan pada kemampuan keterampilan pelaksanaan riset termasuk penulisan karya ilmiah hasil penelitian.

Untuk mahasiswa ayo berlatih menulis artikel ilmiah sebagai keterampilan tambahan. Jadilah pelatih untuk siswa tingkat MA/SMA selepas lulus menjadi sarjana. Ini tentu merupakan peluang karier yang terbuka lebar [].