Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

9 Mahasiswa Teknologi Pangan Siap Ikuti Research Internship di Taiwan dan Thailand

9 Mahasiswa Teknologi Pangan Siap Ikuti Research Internship di Taiwan dan Thailand

Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata atau Soegijapranata Catholic University (SCU) berhasil meloloskan 9 mahasiswa untuk mengikuti Internship Program Pre-departure orientation. Program ini merupakan kolaborasi internasional FTP SCU dengan perguruan tinggi di luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa FTP SCU nantinya akan menjalani Research Internship di Assumption University (AU) Thailand dan National Chiayi University (NYCU) Taiwan.

Sebanyak 5 mahasiswa akan menjalankan Research Internship di Assumption University (AU), Thailand pada 18 Januari – 1 Maret 2023. Mereka adalah Cecilia Valen Hariyanto, Denise Katalina Armandi, Febri Sibarani, Felicia Stella Sastradi, dan Rachel Jovanka Raharjo. Sedangkan 4 mahasiswa lainnya, Henry Tan, Leony Tanzil, Shannon Viola Agustino, Olivia Zierra akan menjalani Research Internship di National Chiayi University (NCYU), Taiwan.

Kesembilan mahasiswa yang berhasil mengikuti Research Internship ini diseleksi dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti transkrip nilai, CV (Curriculum Vitae), serta motivation letter. Setelah mengirimkan semua persyaratan, mahasiswa akan diseleksi dan yang terbaik akan dipilih untuk mengikut program Research Internship. Setelah terpilih, FTP SCU juga memberi pembekalan dan arahan bagi para mahasiswa sebelum diberangkatkan ke Taiwan dan Thailand.

Dalam kesempatan Research Internship, mahasiswa berkesempatan untuk mempunyai pengalaman dan penelitian di luar negri. Selain itu melatih kemampuan riset yang mendukung pengembangan diri untuk menjadi Sarjana Teknologi Pangan yang berkualitas.

Dalam proses Research Internship ini, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen dan pakar di perguruan tinggi luar negeri serta para dosen yang kompeten dari FTP SCU juga senantiasa memberikan pendampingan intens. Mahasiswa yang akan menjalani Research Internship di Assumption University (AU), Thailand  akan dibimbing oleh , Asst.Prof. Pronpen P., Dr. Roungdao Klinjapo, Asst. Prof. Dr. Waralee Watcharin, dan Siripan Pochailert dengan mengulik beberapa topik seperti (1)  Product developments of  Healthy Fruity jelly/gummy products; (2) Plant-based meat products; (3) Mango cider from waste yellow mango; (4) Antioxidant activity of herbal extract-loaded hydrogel; dan (5) Development of Super Food-Keto Noodle.

Sedangkan mahasiswa yang akan menjalani Research Internship di National Chiayi University (NCYU), Taiwan akan mengulas mengenai topik (1) The optimal processing conditions for black and red soybean teas, (2) The use of zebra fish model to evaluate the heath improving function of black and red soybean teas. Dosen senior NCYU, Prof. Cheng-Kuang Hsu akan mendampingi para mahasiswa FTP SCU selama proses riset di Taiwan.

Research Internship Beri Pengalaman Riset Internasional

Henry Tan, salah satu mahasiswa FTP 2021 yang berhasil mengikuti Research Internship di NCYU, Taiwan menuturkan bahwa kesempatan Research Internship ini merupakan program Kuliah Kerja Praktek yang menyenangkan karena bisa belajar dan riset di luar negeri. Ia bahkan menuturkan bahwa ia sangat tertarik dengan program ini.

“Saya memilih topik terkait topik pertama untuk mengetahui proses yang optimal untuk produk pembuatan teh dengan bahan kedelai hitam dan kedelai merah,” terang Henry Tan, saat diwawancara  Jumat, 13/01/2023.

Menariknya, program research internship ini membebaskan mahasiswa untuk memilih topik yang sudah disiapkan dan mereka akan melakukan kerja praktek selama 2 hingga 3 bulan di luar negri. 

“Selama mengikuti internship ini, kita dapat beasiswa senilai 30.000 NT untuk semua kebutuhan selama 2 bulan di sana. Untuk tempat tinggalnya sendiri, kita nanti tinggal di dormitory NCYU.,” tuturnya.

Henry juga menuturkan bahwa ia sangat antusias dan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, salah satu upayanya dengan semakin sering membaca mengenai topik risetnya sehingga ia mempunyai bekal terkait topik tersebut.

SCU, khususnya Fakultas Teknologi Pangan (FTP) selalu mendukung mahasiswanya bertumbuh dan berkembang melalui pengalaman dengan terjun secara nyata dan memberikan bekal selama duduk dibangku kuliah.

Melalui Research Internship ini, pihak FTP SCU berharap mahasiswa dapat memiliki pengalaman internasional dan kemampuan riset yang mendukung pengembangan diri untuk menjadi Sarjana Teknologi Pangan yang berkualitas. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan dapat dikembangkan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Talenta Pro Patria et Humanitate! Memberikan talenta terbaik bagi nusa bangsa dan kemanusiaan. [Humas SCU/Kris]