Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Akui Mutu Pendidikan Pariwisata, Poltekpar Bali Jalin Kerja Sama dengan UPH

Akui Mutu Pendidikan Pariwisata, Poltekpar Bali Jalin Kerja Sama dengan UPH

Industri pariwisata telah lama menjadi salah satu penyokong perekonomian Indonesia. Dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 4,3 persen, pemulihan sektor pariwisata pasca pandemi menjadi salah satu agenda utama pemerintah. Untuk mencapai hal ini, diperlukan kerja sama lintas sektor, termasuk sektor pendidikan yang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM). Sebagai industri yang berbasis hospitality atau pelayanan, kualitas SDM menjadi salah satu faktor kunci yang menentukan kualitas pengalaman para wisatawan.

Menjawab hal ini, Fakultas Pariwisata (FPar) Universitas Pelita Harapan (UPH) sebagai lembaga pendidikan turut mengambil peran untuk menghadirkan sistem pembelajaran yang inovatif untuk menjawab kebutuhan industri pariwisata Indonesia.

Hal ini menjadi latar belakang terjalinnya kerja sama antar UPH dengan Politeknik Pariwisata (Politeknik) Bali pada 14 Desember 2022, di UPH Lippo Village Tangerang. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M.Eng.Sc selaku Rektor UPH dan Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes selaku Direktur Poltekpar Bali, serta disaksikan oleh Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A.Par., M.M., CHE selaku Dekan FPar UPH. Selain untuk peningkatan mutu pendidikan di kedua universitas, kerja sama ini juga mencakup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor UPH mengungkapkan, “Kerja sama antar universitas sangat penting bagi pembangunan mutu pendidikan.Hal tersebut akan memberikan peluang bagi kedua universitas untuk meningkatkan mutu pendidikan, bertransformasi dalam memperluas akses, dan memperkuat jejaring antar Perguruan Tinggi nasional maupun internasional. Saya berharap, kerja sama ini dapat diimplementasikan dengan baik, terutama untuk kepentingan mahasiswa.”

Respon positif juga disampaikan oleh Drs. Ida Bagus yang menyampaikan bahwa kerja sama dengan UPH merupakan suatu keuntungan karena FPar UPH memiliki sistem akademik yang berkualitas.

“Kami melihat UPH adalah salah satu universitas yang memiliki program pariwisata sangat bermutu, baik dari sistem pembelajarannya maupun fasilitas-fasilitasnya yang sudah modern. Kami banyak mendapatkan wawasan baru yang nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan kampus kami di Bali. Nantinya dari kerja sama ini kita bisa menghasilkan berbagai riset dan juga mengadakan pertukaran mahasiswa,” katanya.

Lebih lanjut Prof. Dr. Diena selaku Dekan FPar UPH, turut menyatakan apresiasi atas terjalinnya kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu langkah konsisten dari UPH dalam menjawab berbagai tantangan industri pariwisata di masa depan yaitu dengan menyediakan SDM berkualitas dan unggul di bidangnya. Ia juga berharap, berbagai program kerja sama yang akan dilakukan dapat meningkatkan keterampilan para mahasiswa sekaligus perkembangan dari sisi akademik di kedua kampus.

Kerja sama ini menjadi bukti komitmen UPH dalam mencetak SDM unggul yang berdampak bagi kemajuan di Indonesia. Melalui kualitas pendidikan dan fasilitas terbaik, UPH menjadi universitas yang tepat untuk mendidik anak bangsa dalam memaksimalkan potensi dan mencapai prestasi terbaik sejak masa kuliah. Mari bergabung bersama UPH dan jadilah ‘The Next Great Achiever’!

 

Fakultas Pariwisata UPH

Fakultas Pariwisata UPH terus berupaya memperlengkapi mahasiswa dan lulusannya untuk turut andil dalam pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan melalui kurikulum yang holistis, fasilitas terbaik, dan juga program-program yang inovatif. Daftarkan dirimu sekarang! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants di 0811-1709-901 atau daftar di sini.