Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FIB Unpad dan GXUN Kolaborasi Tampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Sunda dan Tiongkok

Mahasiswa FIB Unpad dan GXUN Kolaborasi Tampilkan Pertunjukan Musik Tradisional Sunda dan Tiongkok

Laporan oleh Destiana Fadilah

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran dan mahasiswa dari Guangxi Minzu University (GXUN) berkolaborasi memainkan alat musik Sunda seperti kecapi, kendang, suling dan guzheng (kecapi Tiongkok) dalam acara yang digelar Kedutaan Besar Tiongkok-Indonesia di Hotel Shangrila Jakarta, Sabtu (14/1/2023).

Para mahasiswa tersebut, yaitu: Yogi Bintara, Alifia Syahrani, Athaya Azwal Surus, serta mahasiswi GXUN Pan Yutian (Puspita) yang sedang belajar di Prodi Sastra Indonesia FIB Unpad.

Tim mahasiswa yang dibina oleh Dosen Sastra Sunda, Dr. Taufik Ampera, M.Hum., tersebut sebelumnya telah melakukan kolaborasi serupa dalam acara Dies Natalis ke-64 FIB Unpad.

“Semoga kolaborasi ini semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Tiongkok dan mengenalkan musik Sunda ke panggung dunia,” harap Taufik.

Selain itu, acara ini dihadiri oleh Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Republik Indonesia Lu Kang, dan para tamu undangan.

“Kolaborasi alat musik ini yang berupa musik instrument Sunda dan instrument Tiongkok sangat bagus,” kata Lu Kang. (rilis)*