Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Progres Pembangunan 3 Gedung Baru UNJA Paket CWJ-01

Progres Pembangunan 3 Gedung Baru UNJA Paket CWJ-01

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) yang saat ini terus berbenah diri dan berkembang dengan pesat menuju A World Class Entrepreneurship University, sedang membangun gedung-gedung baru dalam sebuah proyek Advanced Knowledge and Skills for Sustainable Growth in Indonesia (AKSI) yang didanai melalui Asian Development Bank (ADB) dengan tujuan untuk meningkat akses dan mutu layanan akademik pendidikan tinggi.

Proyek AKSI-ADB di UNJA sendiri terbagi ke dalam 2 tahapan paket, paket CWJ-01 yang terdiri dari 3 gedung (gedung University and Faculty Administration Center (UNIFAC), gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan gedung Pascasarjana) serta paket CWJ-02 yang terdiri dari 6 gedung (3 unit gedung kuliah terintegrasi, 1 unit laboratorium teknik, 1 unit laboratorium ilmu-ilmu sosial, dan 1 pusat kegiatan kemahasiswaan).

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh PPK ADB, Ir. M. Nuklirullah, S.T., M.Eng., rencana pembangunan paket CWJ-01 berada pada angka 18,698%, dengan capaian realisasi 18,883% atau deviasi sebesar 0,186%. Paket tersebut dilaksanakan selama 540 hari kalender (18 bulan) dari tanggal 17 Mei 2022 – 7 November 2023.

Untuk Gedung FKIK, progress pembangunan yang sudah dikerjakan berupa penginstalan baja crown, baja sirip, baja solar panel, dan baja sirip. Selain itu, beberapa ruangan sudah memiliki bentuk dasar yang sudah diinstalasi listrik dan diplester, seperti ruang perpustakaan lantai 1, koridor dan ruang jurusan lantai 2, ruang arsip dan koridor lantai 3, serta ruang CBT lantai 4.

Pada pembangunan Gedung UNIFAC, progress yang sudah dilakukan berupa cor pile cap, plat lantai, dan tie beam. Lalu bekesting kolom, bekesting lantai 2, serta demobilisasi HSPD.

Terakhir, pada progress pembangunan Gedung Pascasarjana baru dilakukan galian, pembesian, dan pengecoran pile cap, serta urugan pasir.

Sementara untuk paket CWJ-02 sendiri pembangunannya sudah dimulai sejak 17 Desember 2022 dengan target penyelesaian pada 10 Maret 2024.

“Untuk CWJ-02 commencement date dilaksanakan pada 17 desember 2022 yang lalu. Untuk progresnya sementara baru 0.134%. Diharapkan akan selesai sesuai dengan completion time pada 10 Maret 2024 dengan masa kerja selama 450 hari,” jelas Ir. Nuklirullah.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph. D., pada saat peletakan batu pertama paket CWJ-01 (13/07/22) mengatakan bahwa momentum pembangunan gedung-gedung baru di UNJA sudah lama dinantikan untuk menjawab tantangan global dan ekosistem baru kampus.

“Dari penantian yang amat panjang, kampus Universitas Jambi yang modern hadir untuk menjawab tantangan pendidikan global dan ekosistem baru yang menuntut adanya perubahan. Reformasi pendidikan tinggi dan kebutuhan dasar untuk menempa generasi penerus bangsa yang akan lahir para pembaharu dan pemimpin dari Universitas Jambi,” ungkap Rektor.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS