Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Kiat Sukses Vaniannisa Raih TOP 5 Nasional UKMPDD

Kiat Sukses Vaniannisa Raih TOP 5 Nasional UKMPDD

Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSPD FKK UMJ) Vaniannisa Azzahra berhasil menjadi terbaik 5 teratas secara Nasional dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode/batch November 2022 dengan hasil Uji Computer Based Test (CBT): 90% dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE): 87,68%.

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) adalah uji kompetensi dari negara yang diselenggarakan oleh PNUKMPPD (Panitia Nasional UKMPPD) di bawah naungan Kemdikbud-PD Dikti. Dalam satu tahun dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali (Februari, Mei, Agustus, November).  UKMPPD wajib diikuti oleh peserta Program Profesi Dokter (Co-Ass/Sarjana Kedokteran/S.Ked) dari seluruh Indonesia yang telah menyelesaikan masa pendidikan profesi, untuk mendapatkan gelar Dokter (dr.).

Terdapat 2 (dua) tahap ujian dalam UKMPPD, yaitu CBT (Computer Based Test) dan OSCE (Objective-Structured Clinical Examination). CBT-UKMPPD adalah uji kompetensi yang dilakukan secara computerized, serentak dalam satu waktu di seluruh Indonesia. CBT-UKMPPD dilakukan untuk menilai pengetahuan dan kemampuan kognitif peserta. Sedangkan, OSCE-UKMPPD merupakan uji kompetensi yang dilakukan secara langsung dengan Pasien Standar. OSCE-UKMPPD dilakukan untuk menilai pengetahuan, skill, clinical judgement, dan perilaku professional peserta. Peserta yang lulus dalam ujian CBT dan OSCE UKMPPD akan mendapatkan gelar Dokter (dr.).

Persiapan setiap peserta biasanya hanya memiliki waktu sekitar 1 bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi UKMPPD. Waktu tersebut termasuk relatif singkat untuk kembali menguasai semua penyakit dari 13 sistem organ manusia yang akan diujikan. Oleh karena itu, setiap peserta perlu mengatur waktu dan strategi belajar yg tepat, serta ingat untuk selalu beribadah demi menggapai kesuksesan UKMPPD yang kita semua dambakan.

Menghadapi masa-masa sulit untuk mencapai gelar Dokter Vaniannisa saat dihubungi tim reporter Kantor Sekretariat Universitas (KSU) mengaku lega telah menyelesaikan tugas UKMPPD pada bulan November lalu. Rasa syukur Vaniannisa sampaikan kepada kedua orang tua, Dokter pengajar di pre-klinik, Dokter pengajar klinis di profesi, seluruh staff FKK UMJ dan staff RS jejaring, serta teman-teman sejawatnya.

“Alhamdulillah, saya merasa sangat lega dan sangat bersyukur kepada Allah SWT, orangtua, Dokter pengajar di pre-klinik, Dokter pengajar klinis di profesi, seluruh staff FKK UMJ dan staff RS jejaring, serta teman-teman sejawat. Alhamdulillah, seluruh kerja keras saya dari masa pre-klinik, profesi, hingga UKMPPD ini akhirnya terbayarkan dengan hasil yang memuaskan.” ungkap Vaniannisa

Tidak hanya itu, Vaniannisa juga membagikan tips dan trik untuk mahasiswa FKK UMJ yang sebentar lagi akan mengikuti UKMPPD. Tips yang Vaniannisa bagikan adalah jangan membuang waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat dan hargai sekecil apapun ilmu yang telah didapatkan, manfaatkan waktu dengan bijak, lalu jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Selain itu, jangan pernah menganggap sepele semua materi yang pernag didapatkan ambil ilmu dari mana saja baik dari guru, buku, teman sejawat, bimbingan belajar, senior, bahkan junior. Belajar dan ulangi terus semua materi yang sudah dipelajari dengan detail (repetisi materi).

Selain tips, Vaniannisa juga membagikan trik jitu kiat sukses menghadapi UKMPPD yakni dengan membuat jembatan keledai dalam menghapal dan membuat jadwal belajar. Selalu ciptakan target setiap kali belajar. “Target saya di awal adalah, review dan recall seluruh materi dari awal pre-klinik hingga akhir pendidikan profesi dengan mengulang seluruh materi dan mengerjakan soal-soal yang mudah & familiar.” Jelas Vaniannisa

Selanjutnya belajar menganalisis dengan mengerjakan soal-soal yang sulit sambil terus repetisi materi. Mendekati hari ujian, kembali mengerjakan soal-soal mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga repetisi materi dengan konsisten. Dan yang paling penting, Jangan lupa meminta ridho dan doa kepada Allah dan orangtua. Banyak berdoa sebelum ujian.

Vaniannisa berharap kepada seluruh mahasiswa FKK UMJ untu selalu berusaha sebaik mungkin untuk mencapai apa yang diinginkan saling menebar kebaikan serta bermanfaat bagi banyak orang.  

“Selalu ingat perjuangan dan kasih sayang orang tua serta buktikan kemampuan diri kalian. Buktikan bahwa apa yang selama ini diperjuangkan oleh orangtua kita, insya Allah tidak akan sia-sia dan mendapatkan hasil yang sepadan.” Sambung Vaniannisa. (KH/KSU)