Minggu, 29 Januari 2023
Sekolah Menengah Pertama

RAT KOPERASI MTsN 2 BOYOLALI DIWARNAI REORGANISASI PENGURUS

BOYOLALI – Kegiatan RAT MTsN 2 Boyolali telah dilaksanakan dengan jumlah anggota lebih dari 90% yang merupakan kekuasaan tertinggi, dimana diantaranya akan membahas dan mengesahkan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas atas pelaksanaan rencana kerja yang ditetapkan dalam tahun 2022, maka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT)  dilaksanakan, Sabtu, (7/1/2023), pukul 14.30 WIB di Bale Bo Tram Kemuning  dengan peserta 55 orang dari Bapak dan Ibu guru serta pegawai.

Kegiatan berlangsung lancar dan tertib serta penuh rasa kekeluargaan diantara para anggota. Laporan pertanggung jawaban dipimpin oleh Puji Nuryanto,  yang sebelumnya  telah dikoreksi dan diamati oleh pengawas koperasi dan diterima dengan baik oleh seluruh anggota koperasi. Kegiatan koperasi di MTs Negeri 2 Boyolali memiliki Unit Simpan Pinjam dengan modal Rp 385.400.000;

Kegiatan Rapat Anggota Tahunan di MTs Negeri 2 boyolali di tahun 2023 ini telah melakukan regenerasi kepengurusan periode 2023-2025  dengan kriteria diantaranya calon pengurus harus memiliki integritas yang tinggi, memiliki managerial yang baik. Pemilihan kepengurusan  berjalan dengan baik, lancar, dalam suasana bermusyawarah yang penuh dengan kebersamaan dan kekeluargaan.

Ketua terpilih Nur Faizah dalam sambutannya menuturkan bahwa perlu Kerjasama di antara semua guru dan karyawan untuk membesarkan koperasi. Kepada Bapak Ibu pengurus Koperasi Keluarga MTsN 2 Boyolali periode tahun buku 2023- 2025 diharapkan bisa mengemban amanah dengan baik dan teliti. Selanjutnya kepada semua anggota Koperasi yang melakukan transaksi pinjaman uang diharapkan dengan  sangat agar bisa lebih tertib dan tepat waktu dalam pembayaran ansurannya demi kelancaran dalam pembukuan administrasi.

“Semoga keberadaan Koperasi Keluarga MTsN 2 Boyolali ini bisa memberikan manfaat pada kita semua dan bisa lebih baik dan lebih maju di tahun yang akan datang. Aamiiiin yaa robbal’aalamiiiin” Imbuh Nur.

Melengkapi kepengurusan dipilih tim formatur kemudian disepakati bersama sebagai sekretaris 1. Drs. Puji Nuryanto, Sekretaris 2. Ziadah K. SPd,  sebagai bendahara Dra. Siti Khotijah dan Badan Pengawas Sri Maryani, SPd dalam  kepengurusan yang baru. RAT dilaksanakan dengan dimaksudkan untuk mengevaluasi kegiatan pengelolaan keuangan koperasi  yang telah dikelola oleh pengurus koperasi, yang bertugas melakukan beberapa transaksi kepada nasabah seperti menabung, peminjam uang, dan sebagainya. Di samping itu, kegiatan ini diselenggarakan untuk melaporkan hasil kelolaan koperasi selama satu tahun kepada nasabah (anggota). RAT juga bertujuan agar terjalinnya silaturrahmi yang baik antar nasabah dengan pihak anggota maupun pengelola koperasi.

Drs. H. Nur Hasan MPd selaku Kepala MTs Negeri 2 Boyolali, yang juga menjadi pembina koperasi berharap “ Kepengurusan Koperasi yang baru ini, tidak hanya memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, tapi juga lebih meningkatkan kebersamaan dan kekompakkan. ” Semoga saja kepengurusan koperasi MTs Negeri 2 Boyolali di tahun 2023 – 2025 bisa memanage koperasi lebih baik, memberikan kesejahteraan bagi anggotanya.

Pada akhir RAT, setiap anggota akan mendapatkan  Souvenir handuk cantik dan SHU (Sisa Hasil Usaha) dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota . “Sisa hasil usaha berasal dari pendapatan jasa  yang seluruhnya dikelola dengan signifikan oleh pengurus koperasi,” pungkasnya.(AA)