Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Perkuat Kerja Sama Internasional, FT UM Selenggarakan International Lecturer Mobility 2023 dengan UNIMAP

Perkuat Kerja Sama Internasional, FT UM Selenggarakan International Lecturer Mobility 2023 dengan UNIMAP
image_pdf
Prof. Dr. Mohd Mustafa Al Bakri Abdullah (UNIMAP) menyampaikan sambutan

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan International Lecturer Mobility 2023 dengan Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP) pada Kamis (12/01) di Seminar Room GKB A19 Lantai 3. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV UM, dosen dan mahasiswa FTUM serta delegasi dari UNIMAP. Kegiatan tersebut mengusung tema “Innovative Materials for Sustainable Industry”

Kegiatan diawali dengan sambutan Dekan FT, Prof. Dr. Andoko, S.T., MT.  yang menyatakan bahwa antara UM dan UNIMAP dapat saling bersinergi dan melakukan kerja sama, khususnya dalam bidang industri. “Kami juga akan berguru kepada UNIMAP, begitupun sebaliknya jika memang ada hal yang lebih inovatif. Kita akan terus melakukan sinergitas dalam pengembangan bidang industrial,” ujar Prof. Dr. Andoko.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Andoko, S.T., M.T. memiliki keinginan besar agar MoU yang telah dirumuskan dapat terwujud dengan baik melalui kegiatan yang relevan. “Kegiatan ini tidak hanya semata-mata MoU yang tidak ada maknanya, tetapi kita dapat mengisi MoU dengan berbagai kegiatan, seperti; riset kolaborasi, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program pembimbingan yang relevan,” imbuhnya.

Selaras dengan itu, perwakilan UNIMAP Prof. Dr. Mohd Mustafa Al Bakri Abdullah menyatakan bahwa tujuan International Lecturer Mobility 2023 adalah untuk memaksimalkan MoU yang telah ada sebelumnya untuk peningkatan aktivitas akademik dan riset serta meningkatkan pemeringkatan universitas. 

“Kita punya aims agak besar, karena MoU ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun kita kurang memaksimalkan dalam hal activity academic dan riset. Selain itu, kita juga harus memasifkan publikasi internasional melalui international affiliation untuk meningkatkan peringkat universitas,” ungkapnya saat menyampaikan open remarks.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UM Prof. Ir. Arif Nur Affandi, Ph.D dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa peningkatan posisi internasional UM dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti: peningkatan staff & student mobility, international lecturer, publikasi, dan sitasi

“Untuk meningkatkan posisi UM di kancah internasional, jangkauan yang harus kita kejar adalah staff & student mobility, international lecturer, publikasi, dan sitasi. Kami juga akan merencanakan kunjungan balik ke UNIMAP agar hubungan MoU ini semakin kuat” ungkap Prof. Arif saat sambutan pembukaan acara secara resmi.

Pewarta: Paundra Wangsa Fajar Kusuma – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah