Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

SCU Penuhi Aspek Psikososial, LPSK Berikan Surat Penghargaan

SCU Penuhi Aspek Psikososial, LPSK Berikan Surat Penghargaan

Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), (Dr.iur.) Antonius PS Wibowo, S.H., M.H mengunjungi Soegijapranata Catholic University (SCU). Kunjungan berlangsung pada 12 Januari 2023 dan disambut oleh Rektor SCU, Dr. Ferdinandus Hindiarto S.Psi., M.Si. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengecekan terhadap anak-anak kasus korban pembunuhan (alm) Paulus Iwan Boedi Prasetijo. 

Pasalnya, Yunantyo Adi Setyawan, SH MH, kuasa hukum keluarga (alm) Paulus Iwan Boedi Prasetijo telah mengajukan perlindungan psikososial, prosedural hukum, dan psikologis kepada pihak LPSK. Pengajuan perlindungan ini dimaksudkan bagi keluarga almarhum, yakni istri dan anak-anak korban.

“Saya selaku kuasa hukum mengajukan ke LPSK bagi keluarga almarhum yang meliputi perlindungan psikologis, prosedural, dan psikososial. Hal terkait psikososial itu misalnya kebutuhan biaya pendidikan anak,” tutur Yunantyo.

Namun ternyata, Soegijapranata Catholic University (SCU) telah lebih dahulu mengambil inisiatif dan langkah cepat dengan memberikan beasiswa penuh kepada anak-anak almarhum yang masih berkuliah di SCU. 

Yunantyo menyatakan bahwa dukungan dan perhatian SCU ini telah memenuhi kebutuhan psikososial bagi anak-anak almarhum Paulus Iwan Boedi.

“Pihak LPSK, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Antonius Wibowo selaku Wakil Ketua LPSK telah melakukan pengecekan apakah kebutuhan biaya pendidikan yang telah diberikan oleh Unika Soegijapranata ini telah mencakup semuanya, dan ternyata semua sudah tercover. Bahkan, Unika Soegijapranata juga memberikan pekerjaan untuk putri almarhum,” lanjut Yunantyo.

Setelah mengetahui bahwa Unika Soegijapranata telah memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak almarhum. Wakil Ketua LPSK memberikan penghargaan kepada Soegijapranata Catholic University (SCU).

“LPSK memberikan surat penghargaan kepada Unika Soegijapranata sehubungan dengan pemenuhan psikososial kepada anak-anak almarhum (Paulus Iwan Budi),” imbuh Yunantyo.

Inflamare Humanitatem atau menyalakan kemanusiaan merupakan semangat yang dihidupi oleh SCU dalam menjalani perutusan di tengah masyarakat. Melalui semangat ini, SCU hadir untuk mendukung keluarga almarhum dalam berbagai upaya yang dapat SCU berikan. Perhatian dan dukungan yang dapat SCU berikan ini harapannya dapat semakin menyalakan api kemanusiaan di tengah masyarakat, salah satunya melalui kehidupan keluarga (alm) Paulus Iwan Budi yang anak-anaknya juga mengenyam pendidikan di Soegijapranata Catholic University (SCU). [Humas SCU/Kris]