Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

“Pada Suatu Hari” Studi Pentas Teater PeBei UAD

“Pada Suatu Hari” Studi Pentas Teater PeBei UAD

Pementasan drama berjudul “Pada Suatu Hari” Teater PeBei Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Teater PeBei)

Teater PeBei Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar studi pentas berjudul “Pada Suatu Hari” pada Minggu, 8 Januari 2023 di Gedung Societet Militair, Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Studi pentas tersebut merupakan tradisi dari komunitas teater dan dianggap sebagai hari raya untuk anggota-anggota baru.

Anggi Aulia selaku pimpinan produksi menyatakan bahwa teater studi pentas ini bertujuan sebagai wadah untuk belajar. Acara serupa sudah berjalan beberapa tahun ke belakang, dan dianggap sebagai acara penyambutan.

Pementasan teater yang berjudul “Pada Suatu Hari” ini hanya digarap dalam kurun waktu 2 bulan. A. Subekti, mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, menjadi sutradara pertunjukan yang sukses membuat penonton tak henti-hentinya berdecak kagum itu. Selain memiliki cerita yang menarik, pementasan juga memiliki pesan moral dan mengajarkan cara menyikapi banyaknya perceraian yang didasari kecemburuan atau hal-hal yang terbilang remeh.

“Pesan moral yang ingin disampaikan pada naskah ini adalah, untuk setiap orang yang berumah tangga diharapkan untuk mencari pasangan yang benar-benar matang dalam segi apa pun. Tidak hanya pasangan, diri kita juga harus matang dan siap, supaya ketika sudah membangun rumah tangga, apa pun masalah yang terjadi mampu untuk kita hadapi. Kecemburuan dan masalah remeh yang ada pada pementasan tadi, tidak seharusnya masih ada di rumah tangga,” ungkap A. Subekti pada wawancara (8-1-2023).

Dengan adanya studi pentas ini, diharapkan mampu memberikan panggung untuk aktor-aktor baru Teater PeBei, sehingga panggung belajar tersebut mampu meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan bakat setiap aktor maupun siapa pun yang terlibat di dalamnya. (syf)

uad.ac.id