Jumat, 27 Januari 2023
Perguruan Tinggi

OIF UMSU adakan “International Islamic Astronomy Training Program”

OIF UMSU adakan “International Islamic Astronomy Training Program”

Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) menyelenggarakan “International Islamic Astronomy Training Program” yang dilaksanakan pada Senin 16 Januari 2023 via zoom.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari Universiti Sains Malaysia, peserta dari Centre for Islamic Development Management Studies (ISDEV), peserta dari Jabatan Mufti Negeri Pulau Pinang (JMNPP), peserta dari Kementerian Pelajaran Malaysia dan peserta dari IAIN Lhoksemawe, Aceh.

Prof. Dr. Muhammad Arifin, S.H, M.Hum selaku Wakil Rektor I UMSU yang mewakili Rektor UMSU dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan International Islamic Astronomy Training Program ini seperti informasi yang saya terima akan dibuat beberapa sesi, sesi pertama akan disampaikan oleh narasumber dari OIF UMSU dan sesi kedua akan disampaikan oleh narasumber dari Malaysia.

“Alhamdulillah saat ini UMSU sudah memilki prodi Ilmu Falak, ini bisa dimanfaatkan agar prodi Ilmu Falak ini bisa dibanjiri oleh penggiat-penggiat Ilmu Falak yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya Muslim. Karena banyak kegiatan-kegiatan Ilmu Falak yang sangat bermanfaat. Kita mengharapkan masyarakat dapat berpartisipasi untuk mengikuti pendidikan Ilmu Falak di UMSU” tambahnya

Pada sesi pertama kegiatan International Islamic Astronomy Training Program disampaikan oleh dua Tim Peneliti OIF UMSU yaitu M. Dimas Firdaus yang menyampaikan materi Astrophotography dan Hariyadi Putraga yang menyampaikan materi Falak Software.

Kegiatan ini sejalan dengan visi OIF UMSU yaitu Menjadi pusat Ilmu Falak yang unggul dalam pelatihan, penelitian dan pengkaderan dalam tingkat Nasional dan Internasional yang memadukan khazanah Islam dan Sains Modern berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.