Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Masjid Raya Unpad Gelar Wisata Kampus untuk Tingkatkan Wawasan tentang Islam

Masjid Raya Unpad Gelar Wisata Kampus untuk Tingkatkan Wawasan tentang Islam

Laporan oleh Sabna Balqist

[Kanal Media Unpad] Program Pendidikan Anak Masjid Raya Universitas Padjadjaran (PAM Unpad) yang dilaksanakan Divisi Kemuslimahan Masjid Raya Unpad menggelar kegiatan “Tour de Campus” pada Minggu (15/1/2023) lalu.

Kegiatan ini merupakan pertemuan keempat dari program PAM Unpad. Sebanyak 75 anak berusia antara enam hingga 12 tahun mengikuti kegiatan ini. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Wakil Koordinator Divisi Kemuslimahan MRU Muhimah mengatakan, topik utama pertemuan tersebut adalah meningkatkan pemahaman tentang syariat dan ajaran Islam, khususnya tentang adab bepergian dan berkendara, serta mengenalkan wilayah-wilayah kampus Unpad, fakultas, dan jurusan yang ada di Unpad.

“Kegiatan ini merupakan inovasi dan pendekatan baru dalam memberikan pengajaran Agama Islam kepada anak-anak, untuk menghindari kesan terlalu serius sehingga anak biasanya cenderung enggan belajar agama. Melalui paket ’jalan-jalan’ ini, diharapkan materi agama Islam dapat dihayati bukan hanya pada dimensi kognitif saja, tetapi sekaligus dimensi afektif serta psikomotorik,” ujarnya.

Peserta menaiki tiga angkutan kampus Unpad dan diantarkan berkeliling ke seluruh penjuru kampus. Perjalanan dimulai dari Masjid Raya Unpad yang dilanjutkan ke Arboretum setelah melewati jalur Rektorat dan Fakultas.

Para siswa mengikuti acara pembukaan dan diberikan penyuluhan tentang perjalanan dan adab berkendara oleh mahasiswa FTIP Unpad Abdurrahman Muharrik. Abdurrahman mengatakan bahwa perjalanan seorang Muslim harus dimulai dengan doa dan pamitan kepada orang tua dan keluarga.

Peserta juga diingatkan untuk menjaga ketertiban, membuang sampah pada tempatnya, dan tetap berdoa kepada Allah selama berwisata. Harapannya, akan semakin banyak kegiatan positif dan inovatif dalam lingkungan kampus Unpad. Hal ini sejalan dengan visi Unpad yang bukan hanya bereputasi dunia tapi juga berdampak bagi masyarakat. (rilis)*