Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Pertama

Workshop Kurikulum Merdeka: Pembelajaran Berbasis Project di Lingkungan MTsN 3 Jakarta

Workshop Kurikulum Merdeka: Pembelajaran Berbasis Project di Lingkungan MTsN 3 Jakarta

Jakarta (12/1) — MTsN 3 Jakarta Selatan mengadakan workshop kurikulum merdeka yang dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Januari 2023 di Gedung PSBB MTsN 3 Jakarta. Workshop kurikulum merdeka melibatkan 51 guru MTsN 3 Jakarta dan perwakilan guru MTs Swasta se KKM Kebayoran Lama. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lebih fleksibel dan fokus pada materi esensial dari setiap matapelajaran, serta fokus pada pengembangan karakter dan kompetisi peserta didik.

Alhamdulillah MTsN 3 Jakarta menghadirkan narasumber yang berpengalaman tentang Kurikulum Merdeka yakni Bapak Drs. Satar, M.Pd. (SMPN 45 Jakarta). Pada acara workshop ini diawali dengan pembukaan oleh MC Ibu Badriyah, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Bapak H. Komaruddin, M.Pd., selanjutnya peserta bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyimak sambutan dan pengarahan oleh Kepala Madrasah (Ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd) dan penutup doa oleh Bapak Syarifuddin.

Guru MTsN 3 Jakarta diberikan pengenalan kurikulum merdeka dan pembelajaran berbasik proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan dari kegiatan worhshop ini untuk memberikan kesempatan kepada guru untuk mendesain pembelajaran yang mampu mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan peserta didik serta menguatkan pengembangan pendalaman belajar yang mendalam terhadap tema-tema penting yaitu gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi dan kehidupan berdemokrasi.