Sabtu, 04 Februari 2023
Sekolah Menengah Pertama

Jaksa Masuk Sekolah : Upaya Tiada Henti Penguatan Karakter SMP 4 Pakem

Jaksa Masuk Sekolah : Upaya Tiada Henti Penguatan Karakter SMP 4 Pakem

Foto :  Para siswa foto bersama narasumber  pada akhir sesi JMS dengan tema “Pendidikan Anti Korupsi”

SMP Negeri 4 Pakem sebagai sekolah yang mengedepankan karakter, terus berupaya memberi penguatan karakter kepada siswa melalui berbagai kegiatan. Hal ini dilakukan dengan berbagai usaha, salah satunya aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Kamis (12/01/2023), SMP Negeri 4 Pakem menggaet Kejaksaan Negeri Sleman melangsungkan sosialisasi dalam rangka penguatan Pendidikan Anti Korupsi. Gayung bersambut dengan program Kejaksaan Negeri Sleman yaitu Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMP Negeri 4 Pakem dan tidak hanya dihadiri guru dan siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem, namun perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman pun terlibat dan hadir dalam sosialisasi ini.

Foto : Ibu Supraptiningsih,  Kasi Kurikulum dan Kesiswaaan, mewakili kepala  Dinas Pendidikan Kab. Sleman

Acara sosialisasi dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh kepala sekolah, yaitu Bapak Ponidi dilanjutkan oleh Ibu Supraptiningsih,  mewakili kepala  Dinas Pendidikan. Setelah sambutan dituturkan sampailah di acara inti, yaitu sosialisasi. Program ini mendapat respon yang positif, melihat antusias siswa dalam mengikuti kegiatan dan keaktifan selama sesi tanya jawab. Berbagai karakter dapat terbentuk melalui sesi tanya jawab ini, salah satunya berpikir kritis, keberanian menyampaikan pendapat, dan etika ketika bertanya.

Foto : Para siswa mengikuti keigatan JMS 2023 dengan sangat antusias dan aktif bertanya dan memberikan pendapat kepada narasumber

“Sosialisasi ini sangat penting karena pendidikan anti korupsi harus ditanamkan sejak dini yang nantinya kami ini akan menjadi penerus bangsa,” jelas Hafidhah, siswi SMP Negeri 4 Pakem. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan siswa-siswi dapat menyebarluaskan informasi tentang pendidikan anti korupsi dan juga diharapkan siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu yang tidak kalah penting, melalui kegiatan ini diharapkan karakter siswa-siswi SMP Negeri 4 Pakem dapat lebih baik dan matang. Ayo terapkan pendidikan anti korupsi! Korupsi NO, Prestasi YES.