Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

UM Sukses Menjadi Tuan Rumah Workshop dan RAKERNAS IAI KAPd 2023

UM Sukses Menjadi Tuan Rumah Workshop dan RAKERNAS IAI KAPd 2023
image_pdf

Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Pendidik, atau biasa disebut IAI KAPd, kembali menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) tahunannya pada Jumat-Sabut (13-14/01). RAKERNAS kali ini bertempat di Aula Lantai 9 Graha Rektorat Universitas Negeri Malang (UM) dan dihadiri oleh dewan pengurus IAI KAPd dari berbagai universitas yang tersebar menjadi 36 wilayah di seluruh Indonesia. Agenda RAKERNAS tahun 2023 meliputi pelantikan kepengurusan IAI KAPd periode 2023-2026 sekaligus penyusunan program-program IAI KAPd lima tahun ke depan, mulai dari program di bidang pendidikan, penelitian, pusat kajian, kerja sama, hingga pengabdian masyarakat. Rencana strategik tersebut sejalan dengan tujuan IAI KAPd sebagai pionir utama pendidikan akuntansi yang inovatif, relevan, dan berdaya saing global.

“Kegiatan ini tentunya sangat penting, khususnya bagi UM karena salah satu standar pencapaian akreditasi bergandengan erat dengan organisasi profesi. Ikatan Akuntan Indonesia merupakan organisasi profesi yang sangat kuat. Kita tahu banyak sekali standar-standar keuangan yang dilahirkan oleh organisasi ini,” jelas Prof. Dr. Puji Handayati, SE., MM., Ak., CA, CMA selaku ketua IAI Malang Raya sekaligus Wakil Rektor II UM. 

“Sama halnya dengan periode sebelumnya, saya berharap program-program IAI KAPd nantinya akan lebih mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam praktiknya, hal-hal tersebut dapat berupa penyusunan borang akreditasi yang baik pada semua jenjang pendidikan perguruan tinggi hingga berbagai kegiatan kolaboratif seperti riset dan pengabdian,” lanjut Prof. Puji.

Kepala Akuntan Kompartemen Pendidik terpilih, Prof. Dr. Dian Agustia, Ak., CA, memimpin jajaran dewan pengurus IAI KAPd seluruh Indonesia dalam forum diskusi terkait perancangan program-program IAI KAPd dalam berbagai bidang. “Ujung daripada rencana strategik kita di tahun 2026 adalah untuk internasionalisasi di semua program studi, baik itu program studi institusinya maupun akuntan pendidiknya sehingga dapat memiliki kompetensi yang berdaya saing,” ungkapnya. Nantinya, implementasi rencana strategik tersebut berbentuk aktivitas-aktivitas yang akan dijalankan secara berkala mulai awal periode hingga tahun 2026.

Forum diskusi yang dilaksanakan sebagai lanjutan kegiatan workshop serta RAKERNAS tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai bidangnya. Pada bidang pendidikan, utamanya membahas soal internasionalisasi pendidik dan prospek pendidikan di Indonesia. Di bidang penelitian, IAI KAPd menginisiasi kolaborasi antara sesama peneliti di dalam maupun luar negeri. Begitu pula dengan bidang pengabdian masyarakat yang dalam penyusunan programnya bertujuan untuk merambah ke kancah internasional sehingga dapat berdampak positif terhadap profesionalisme akuntan pendidik di Indonesia.

Pewarta: Diella Rosa – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah