Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Prof. Lusmeilia Afriani Resmi Dilantik sebagai Rektor Unila Periode 2023-2027

Prof. Lusmeilia Afriani Resmi Dilantik sebagai Rektor Unila Periode 2023-2027

(Unila): Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2023 – 2027 pada acara Pelantikan Pejabat Kemendikbudristek di Gedung Kemendikbud lantai tiga, Jakarta, Rabu, 18 Januari 2023.

Pelantikan dilakukan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D., dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

Setelah dilantik, Prof. Lusmeilia atau yang akrab dipanggil Prof. Lusi, melakukan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Rektor Unila. Penandatanganan dilakukan Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed. yang sebelumnya ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Rektor Unila sejak Agustus 2022, kepada Prof. Lusi.

Ir. Suharti dalam sambutannya menyampaikan, Kemendikbudristek mendukung visi misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Untuk itu transformasi yang dilakukan Kemendikbudristek selama tiga tahun terakhir benar-benar untuk memastikan tujuan-tujuan yang ditetapkan dicapai.

Kebijakan merdeka belajar yang dilaksanakan melalui beberapa program dan kegiatan pembangunan tidak hanya yang dibiayai pemerintah, tetapi juga masyarakat yang bergotong-royong dan berkolaborasi dengan pihak lain.

“Tentu menjadi tugas kita bersama untuk memastikan berjalan sebaik-baiknya. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan tidak akan mungkin berhasil maksimal jika kita tidak memegang prinsip-prinsip integritas, kreatif dan inovatif, inisiatif pembelajaran menjunjung meritokrasi, terlibat aktif, dan juga tanpa pamrih,” ujarnya.

Maka dari itu, khusus kepada Rektor Unila yang baru, ia memberikan penekanan tentang pentingnya memperhatikan prinsip integritas untuk mengembalikan nama baik Universitas Lampung.

“Pesan ini juga untuk seluruh pejabat. Namun kami memberi penekanan lebih kepada Rektor Unila yang dilantik hari ini, Prof. Lusmeilia Afriani, untuk lebih memperhatikan prinsip-prinsip tadi sehingga mampu mengembalikan marwah Unila yang ternodai karena kasus yang sedang terjadi,” tegas Suharti.

Membutuhkan komitmen dan keberanian. Praktik-praktik yang tidak benar harus dihentikan di semua unit organisasi. Seluruh pimpinan dan jajaran perlu ada dalam satu barisan memegang prinsip-prinsip yang sama.

Pada kesempatan sama, Ir. Suharti juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dr. Mohammad Sofwan Effendi yang telah melaksanakan tugasnya sebagai Plt. Rektor Unila.

“Plt yang dalam waktu singkat tapi tugasnya amat besar. Semoga apa yang sudah ditorehkan Pak Sofwan saat menjadi Plt bisa menjadi dasar untuk pembangunan Unila ke depan sehingga semakin maju,” ujar Ir. Suharti.

Selain melantik Rektor Unila, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat administrator, pejabat pengawas, dan pejabat fungsional di lingkungan Kemendikbudristek. [Humas/Angel]