Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Pelatihan K3 Tata Boga bersama Damkar

Magelang – Pelatihan K3 Keselamatan dan kesehatan kerja, kegiatan ini dilakukan pada Senin (10/10) pagi pukul 08.30 WIB sampai selesai di meeting room dan di halaman SMK Muhammadiyah Salaman yang diikuti oleh peserta didik kompetensi keahlian Tata Boga dan Kuliner. Kegiatan ini dilaksanakan guna menambah pengetahuan siswa dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja. Guru tamu yang hadir adalah Tim Damkar kabupaten Magelang.

“Pada pagi hari di ruangan yang dingin ini kita dapat berkumpul bersama tanpa halangan suatu apapun, sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad Saw. Yang pertama kita sambut dan kita ucapkan selamat datang serta terima kasih kepada tim DAMKAR yang kemarin membersamai anak-anak MPLB di kampus 1 dan 2. Sekarang mereka akan memberikan materi kepada anak-anakku sekalian jurusan kuliner. Anak-anak, kalian selalu berdekatan dengan api yang apabila tidak hati-hati dapat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, bapak-bapak ini akan memberikan pelatihan kepada kalian mengenai api”. Begitulah sambutan dari ibu Nurul Laili S.Pd.I selaku kepala SMK Muhammadiyah Salaman pada kegiatan hari ini (10/10).

Setelah sambutan dari ibu Nurul, kegiatan dilanjut dengan penyampaian materi oleh salah satu tim DAMKAR mengenai Wilayah Manajemen Negara (WMK), hal-hal yang dilakukan oleh tim DAMKAR, Dasar hukum Tupoks Pemadam Kebakaran, Panca Dharma, Unsur-unsur terjadinya api, Visi misi, dll.

Setelah penyampaian materi kegiatan dilanjutkan dengan praktik di halaman SMK. Praktik yang dilakukan adalah proses pemadaman api apabila terjadi kebakaran ringan sampai kebakaran besar.

Dikesempatan lain pak Yusaf Rohman menjelaskan program edukasi kebakaran, “Program ini sudah ada sejak sebelum pandemi dengan nama DAMKAR Go to School. Namun, setelah pandemi kami sebenarnya fokus edukasi kebakaran kemasyarakatan. Jika sekolah membutuhkan kami pun siap memberikan penjelasan”.

Disisi lain, peserta didik menanggapi dengan baik program guru tamu tentang materi K3″. Karena mendapatkan banyak ilmu yang baru”. Ujar Zidan E.
“Saya suka dengan kedatangan guru tamu ini karena kami diajarkan banyak hal baru”. Urai Gretia A. “Saya lebih suka praktik karena bisa berinteraksi dengan banyak orang dan para guru tamu yang dihadirkan”. Kata Renata. Begitulah tanggapan beberapa narasumber yang telah mengikuti kegiatan ini (10/10).

Kontributor : Keysa Lita, Praba Ganthari, Dzakiyati

Editor : Maulida Putri Agustina