Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Wujudkan Aksi Nyata Saintis Muda, HIMAFI Gelar SEMESTA V

Wujudkan Aksi Nyata Saintis Muda, HIMAFI Gelar SEMESTA V
Salah satu tim saat mengikuti perlombaan roket air pada SEMESTA V HIMAFI UIN RIL, Rabu (18/1).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung melalui Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) menggelar kegiatan SEMESTA V (Semarak Ekspo Tahunan Fisika V) yang berlangsung pada 18-20 Januari 2023.

Rutin digelar setiap tahun, SEMESTA pada tahun ini mengusung tema “Bersama Saintis Muda, Wujudkan Aksi Nyata dari Fisika untuk Indonesia”.

Kaprodi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Sri Latifah MSc, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menggali dan mengembangkan bakat dan minat peserta didik. 

“Besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesan kepada peserta dan masyarakat, bahwa fisika itu tidak sulit dan dekat dengan kehidupan sehari-hari,” kata Sri saat memberikan sambutan di Lapangan Bola UIN RIL, Rabu (18/1).

Sri menjelaskan terdapat lima cabang perlombaan yang dapat diikuti oleh peserta dari tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kota Bandar Lampung, terdiri atas lomba Roket Air,  LCT, Solo Song, Food Plating, dan Mobile Legends.

Dia juga menyampaikan dan mengajak kepada peserta agar mengikuti perlombaan secara suportif.

Terpantau di hari pertama perlombaan, selain pelaksanaan LCT, antusiasme antar peserta juga terlihat selama kegiatan perlombaan roket air, yang diikuti kurang lebih  20 tim. Antar tim sangat bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara dalam ajang perlombaan SEMESTA V tahun ini. (Rls-An/HI)