Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Fenomena Alam yang Belum Ditemukan Penyebabnya Hingga Sekarang

<strong>Fenomena Alam yang Belum Ditemukan Penyebabnya Hingga Sekarang</strong>

Fenomena alam adalah suatu kejadian yang tidak terduga-duga datangnya, kapan akan terjadi dan tidak diciptakan oleh manusia, tapi terjadi secara alami. Terkadang ada fenomena yang menakjubkan karena keindahannya, bahkan ada juga yang mengakibatkan bencana.

Berbagai fenomena yang ada mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga terjadilah fenomena tersebut. Namun terkadang ada juga fenomena yang tidak diketahui apa penyebabnya, dan menjadi pertanyaan karena para ilmuwan belum menemukan jawaban yang tepat.

Menguak penyebabnya memang cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan penelitian dan memerlukan waktu yang lama. Kira-kira apa saja fenomena alam yang belum di temukan penyebab hingga sekarang? Yuk kita cari tahu bersama pada penjelasan berikut ini.

  1. Fenomena Bola Petir

Bola petir disebutkan bahwa sebuah fenomena alam yang terjadi setelah adanya badai. Namun sebuah teori menyebutkan jika pola petir adalah sebuah plasma, tetapi teori lain mengatakan bola petir itu adalah hasil dari sebuah cahaya dari reaksi kimia, bentuknya bervariasi tidak hanya seperti bola tergantung ukurannya.

Bahkan peneliti US Air Force Academy dari Colorado pernah menciptakan fenomena yang sama. Namun peneliti tersebut tidak yakin melakukan hal serupa , dan sampai saat ini fenomena ini belum menemukan jawabannya dan menjadi misteri.

  1. Fenomena Triple Sun

Selanjutnya ada fenomena triple sun yang di sebut juga sun dog yang seluruh dunia mungkin sudah pernah mengalami hal ini di negaranya. Memang dikatakan terjadinya hal ini akibat adanya pembiasan sinar matahari dari piring kristal es heksagonal di langit, namun belum ditemukan kepastiannya.

  1. Fenomena Hujan Jeroan

Di negara Amerika Serikat, Simpson County, North Carolina pernah terjadi fenomena hujan meteor tempatnya pada 15 februari 1851.  Ada saksi mata yang berbicara bahwa potongan hati, darah, dan otak turun dari atas langit di sepanjang area 250 meter.

Tidak ada penjelasan yang valid mengenai fenomena ini, jika dipikir-pikir hal yang dilakukan oleh saksi mata merupakan hal yang mustahil. Namun ada orang yang menjelaskan juga bahwa potongan organ tersebut berasal dari korban ledakan pesawat.

  1. Fenomena Kabut Pembunuh

Kota London pernah diselimuti oleh kabut beracun yang sangat tebal pada akhir tahun 1800 an, bahkan menyebabkan korban mencapai 2.000 orang. Pada saat itu di Inggris sebuah sektor industri sedang ramai menggunakan batu bara.

Dan pemerintah menjadikan industri itu sebagai kambing hitam yang menyebabkan fenomena kabut beracun ini terjadi. Namun fenomena ini terjadi kembali di tahun 1952 yang menewaskan banyak korban dari sebelumnya mencapai 4.000 orang pada wilayah itu, hingga akhirnya pemerintah membuat undang-undang London anti polusi.

  1. Fenomena Hujan Manisan

Tahun 1857 tepatnya di Lake County, California pernah terjadi fenomena hujan manis dalam waktu dua malam. Masyarakat kota tersebut memanfaatkan manisan yang jatuh dari langit untuk membuat sirup, namun masih belum di temukan apa yang menjadi penyebabnya.

  1. Fenomena Jelly Binatang

Jika biasanya turun hujan, salju, batu es dari langit, tetapi ada fenomena alam yang terjadi cukup aneh karena adanya jelly yang merupakan zat kenyal ditemukan di rerumputan. Anehnya ketika sudah dilihat zat tersebut akan menguap.

Mitosnya disebabkan oleh zat dari binatang yang sudah mati, tinja alien. Memang tidak ditemukan penyebab yang sebenarnya, ada juga yang mengatakan jelly tersebut merupakan sel telur kodok yang bengkak karena terkena air.

  1. Fenomena Awan Morning Glory

Bentuk awan ini jika diamati memang mirip seperti guling, awannya tidak lemut dan tidak juga halus. Bahkan awan ini memiliki panjang sampai 965 kilometer lebih dan sering kali di lihat di daerah Australia ketika adanya musim kering beralih ke musim basah.

Pendapat dari warga aborigin beranggapan bahwa awan tersebut adalah kutukan peramal yang menambahkan populasi burung. Selain karena mitos itu, tidak ada teori yang mengatakan apa penyebab terjadinya awan morning glory tersebut.

Nah, itulah penjelasan singkat yang perlu Anda ketahui mengenai fenomena alam yang belum diketahui penyebabnya. Semua fenomena alam yang kami sebutkan sebelumnya masih belum menemukan titik terang dan masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.