Minggu, 29 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Ilmu Hadis UAD Raih 3 Medali pada Kejuaraan Karate

Mahasiswa Ilmu Hadis UAD Raih 3 Medali pada Kejuaraan Karate

Mahasiswa Ilmu Hadis Universitas Ahmad Dahlan (UAD) raih 3 medali pada kejuaraan karate (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil mendapatkan 3 penghargaan dalam Kejuaraan Karate Piala Bimawa 2023 antarfakultas yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate UAD. Kompetisi ini berlangsung di Auditorium Kampus III UAD pada Sabtu, 7 Januari 2023.

Mengusung tema “Menumbuhkan Bibit Unggul Mahasiswa UAD yang Berprestasi dengan Semangat Bushido”, kompetisi ini diinisiasi sebagai media untuk membangkitkan jiwa olahraga dan karateka mahasiswa UAD. Total terdapat 9 fakultas yang ikut serta dalam kompetisi tersebut, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Psikologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Agama Islam (FAI), dan Fakultas Farmasi.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis dari FAI sukses meraih 3 penghargaan dalam beberapa kategori. Mereka adalah Moh. Ihsan (Juara II Kumite 60 Kg Putra), Fadhil Rahman Muhammad (Juara III Kumite 67 Kg Putra), dan Asra Al Habib (Juara III Kumite 75 Kg Putra)

Mewakili rekan-rekannya, Fadhil Rahman Muhammad menyampaikan rasa syukurnya karena dapat mengharumkan nama program studi dan fakultas di tingkat universitas. “Kami harus lebih semangat supaya bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi nanti,” tuturnya dalam sesi wawancara, Jumat (13-1-2023).

Lebih lanjut, Fadhil menuturkan bahwa kunci dari keberhasilan dirinya dan rekan-rekannya dalam kompetisi ini adalah latihan rutin. “Pada umumnya pertandingan kumite ini perlu stabilitas energi pada saat bertanding. Jadi, latihan rutin (kami) lakukan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, tepatnya pada pukul 18.00 WIB,” tandasnya.

Dalam prosesnya, Fadhil mengaku tidak menemukan kendala yang berarti baik sebelum maupun saat kompetisi berlangsung. Meski begitu, ia dan rekan-rekannya kerap diuji dengan rasa malas pada saat latihan yang kemudian memotivasi mereka untuk melakukan evaluasi dari kompetisi satu ke kompetisi yang lainnya. (Lid)

uad.ac.id