Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Bagaimana Cara Masyarakat Beradaptasi dengan Perubahan Sosial?

Bagaimana Cara Masyarakat Beradaptasi dengan Perubahan Sosial?

Sepertinya perubahan sosial bukanlah hal yang asing bagi Anda. Karena perubahan sosial sendiri merupakan suatu bentuk pergantian tata kehidupan manusia yang berlangsung secara terus menerus.

Mungkin sebagian seseorang dapat dengan mudah beradaptasi terhadap segala perubahan. Akan tetapi, sebagiannya lagi merasa kesulitan karena memang terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kurangnya interaksi, kurangnya pengetahuan dan lain sebagainya. Pasalnya, hakikat manusia tidak hanya berada di satu titik saja, melainkan harus selalu berjalan menuju kehidupan yang baru, baik itu perubahan besar maupun kecil.

Lalu, bagaimana cara masyarakat beradaptasi dengan perubahan sosial? Namun, sebelum mengetahui beberapa caranya, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial tersebut, yaitu:

Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain:

  • Terdapat penemuan baru
  • Pengaruh dari jumlah penduduk
  • Hadirnya suatu konflik
  • Terjadi revolusi atau pemberontakan
  • Hadirnya orang asing
  • Motivasi berprestasi
  • Sistem pendidikan yang maju

Cara Masyarakat Beradaptasi dengan Perubahan Sosial

Berikut ini terdapat beberapa cara beradaptasi yaitu sebagai berikut:

1. Menyesuaikan Segala Sesuatu

Cara beradaptasi yang paling efektif yaitu menyesuaikan diri sendiri terhadap segala sesuatu seperti mengikuti perubahan norma, perubahan budaya dan lain sebagainya. Alasan mengapa penyesuaian diri merupakan cara beradaptasi yang paling efektif yaitu karena penyesuaian diri sangat memungkinkan seseorang dapat berkembang dengan cepat dan tidak mungkin menghadirkan hal buruk.

2. Menerima Perubahan

Pada dasarnya, perubahan terjadi secara terus-menerus baik itu disadari maupun tidak, sebab lingkungan di sekeliling juga ikut mempengaruhinya. Sebenarnya, melihat dari adanya perubahan belum cukup, sebelum memahami dampak positifnya. Namun, hal yang mendasari hal tersebut yaitu harus menerimanya dengan baik.

Memang, menerima perubahan cukup sulit. Akan tetapi, jika sampai berhasil dalam menerima perubahan yang ada, tentu akan lebih mudah beradaptasi untuk mengambil langkah baru. Namun berbeda jika perubahan tersebut bernilai negatif, kondisi tersebut dapat Anda tolak selagi tidak sesuai dengan norma yang ditetapkan. 

3. Percaya dengan Diri Sendiri

Ketika perubahan terjadi pada kehidupan di masyarakat, biasanya mereka akan cenderung berpikir sepertinya itu tidak mungkin, sepertinya itu tidak realistis. Hal ini dikarenakan, mereka kurang percaya diri dan lebih memilih untuk tetap pada kebiasaannya sehingga mereka kesulitan dalam beradaptasi. 

Selain itu, bagi orang-orang yang merasa kurang percaya diri, mereka tentu memerlukan waktu yang lama dalam menyesuaikan hal-hal yang baru. Oleh karena itu, perlunya meningkatkan mental guna membangun sikap percaya diri.

4. Menetapkan Target Baru

Ketika seseorang terpaksa melupakan kebiasaan lama terhadap perubahan, tentu mereka akan merasa tidak mempunyai pegangan lagi atau arah yang jelas. Pada saat itulah, ketidakpastian muncul sehingga membuat seseorang tersebut menjadi malas seperti menunda-nunda aktivitas. Maka dari itu, mulailah untuk menetapkan target baru supaya kebiasaan lama dapat terlupakan.

5. Pelajari Hal Baru

Meskipun perubahan sosial memiliki arti atau cangkupan yang sangat luas, namun kita perlu mempelajarinya. Misalnya yaitu belajar terkait penampilan, cara berkomunikasi dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar masyarakat cenderung masih berpikiran untuk menggunakan cara lama atau menghiraukan adanya suatu perubahan.

Dari pemikiran itulah yang menjadi alasan mengapa masyarakat terpaku terhadap cara yang lama sehingga mereka tidak menyadari bahwa terdapat berbagai keunggulan di masa yang baru. Maka dari itu, perlunya mempelajari hal yang baru dan lupakan kebiasaan lama, jika sampai terpaku, tentu akan sulit termotivasi dalam beradaptasi terhadap hadirnya perubahan.

6. Jangan Malu untuk Bertanya

Cara beradaptasi terhadap perubahan yang terakhir yaitu jangan malu untuk menanyakan sesuatu. Sebagai contoh, menanyakan perubahan teknologi yang saat ini sedang ramai diperbincangkan atau digunakan. Dari hal tersebut, tentu akan menambah wawasan Anda dan itu artinya Anda sudah siap menerima segala perubahan yang masuk.

Demikianlah ulasan yang membahas bagaimana cara masyarakat beradaptasi dengan perubahan sosial. Semoga beberapa cara tersebut dapat memotivasi Anda dan memudahkan Anda untuk beradaptasi, karena memang di era sekarang seringkali mengalami perubahan.