Senin, 06 Februari 2023
Sekolah Menengah Atas

Sekolah Politik Tingkat SMA Angkatan Ke-3

Sekolah Politik Tingkat SMA Angkatan Ke-3

Sekolah Politik Tingkat SMA Angkatan Ke-3

Gen Z Mau Memilih

            SMAN 3 Tambun Selatan bekerjasama dengan SMAN 4 Tambun Selatan dan Democracy And Electoral Empowerment (DEEP), menyelenggarakan Pendidikan Politik atau Sekolah Politik bagi Pemilih Pemula SMAN 3 Tambun Selatan dan SMAN 4 Tambun Selatan yang bertempat di SMAN 3 Tambun Selatan. Sekolah Politk Tingkat SMA angkatan yang ke-3 mengusung tema “Gen Z Mau Memilih“ dengan kerjasama antara SMAN 3 Tambun Selatan, SMAN 4 Tambun Selatan dan Democracy And Electoral Empowerment (DEEP) diharapkan dapat mengkondisikan para Pemilih Pemula menjadi pemilih yang melek, cerdas, dan kritis secara politik. Sekolah Politik tahun ini menghadirkan kurang lebih 50 peserta siswa/i perwakilan dari OSIS dan MPK  dari SMAN 3 Tambun Selatan dan  SMAN 4 Tambun Selatan yang akan berpartisipasi dalam Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang.

            Kegiatan diadakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu, 7 Januari 2023 dan Minggu, 8 Januari 2023. Sekolah Politik dimulai pada pukul 07.30, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan bapak Kepala Sekolah SMAN 3 Tambun Selatan, bapak Drs.H.Jahra, M.Pd, Dalam sambutannya bapak Kepala Sekolah SMAN 3 Tambun Selatan menyampaikan manfaat dan tujuan diadakannya sekolah politik, yang salah satunya adalah supaya peserta didik memiliki kemampuan berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam pembukaan pelaksanaan Sekolah Politik bapak Kepala Sekolah SMAN 3 Tambun Selatan didampingi oleh ibu Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Tambun Selatan bidang kesiswaan ibu Retno Kritiani Rahayu M.Pd dan salah satu perwakilan dari Democracy And Electoral Empowerment (DEEP)

            Kegiatan ini dihadiri oleh para narasumber yang ahli dibidangnya seperti di hari pertama ada Anggota BAWASLU Kab Bekasi, bapak Akbar Khadafi S.Pd  yang menyampaikan materi tentang alur PEMILU 2024 beserta aturan-aturan yang harus di patuhi oleh para Caleg (Calon Legislatif), dan tentang cara berkampanye yang baik beserta larangannya. Beliau juga menerangkan mengenai beberapa hukuman yang akan di berikan kepada para Caleg yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

            Selanjutnya yang kedua ada Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, bapak HM. BN. HolikQodratullah,M.Si. yang menceritakan mengenai perjalanan kehidupan dan suka duka beliau dalam mencapai kesuksesan karier Politik beliau sampai saat ini

            Yang ketiga ada Aktivis Kepemudaan Bapak Dr.H.Ikhwan Ridha Wilti, M.KM. Beliau menyampaikan bagaimana para Caleg menggunakan Media Sosial atau Medsos untuk berkampanye dan mencari banyak dukungan dari para simpatisan.Karna perlu disadari bahwa di era digital yang berkembang saat ini, tingkat partisipasi politik sangat dipengaruhi oleh berbagai bentuk informasi yang diperoleh dari media sosial. Dan seperti kita ketahui bersama para pemilih pemula atau Gen Z merupakan pengguna media sosial yang sangat aktif. Mereka bisa saja dipengaruhi oleh informasi politik yang diterima dari media sosial, baik itu dalam arti positif maupun justru berpengaruh negatif..

            Narasumber yang terakhir dihari pertama adalah seorang pengusaha muda yang bisa dibilang cukup sukses beliau adalah bapak Dr.FerryalAbadi,M.Si . Beliau menyampaikan kiat-kiat bagaimana menjadi pengusaha muda yang sukses dan beliau juga menyampaikan mengenai pentingnya peran serta para kalangan muda dalam kancah dunia perpolitikkan.

            Kegiatan sekolah politik di hari pertamapun berakhir, tetapi sebelumnya diadakan sesi tanya jawab, para guru dan para narasumber berharap agar para siswa/i peserta dapat berperan aktif dengan memberikan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber. Setelah sesi tanya jawab berakhir dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

            Di hari yang kedua kegiatan dimulai pukul 07.30 dan diawali dengan pengisian aplikasi Quizizz yang disediakan oleh Democracy And Electoral Empowerment (DEEP), kuis ini berisi tentang materi yang disampaikan di hari pertama kegiatan Sekolah Politik. Untuk dihari kedua ini dari SMAN 3 Tambun Selatan kami didampingi Staf kesiswaan ibu Yuni Astuti S.Pd

            Dan setelah pengisian kuis kegiatan dilanjutkan materi yang disampaikan oleh seorang mantan anggota DPRD Kab Bekasi dan rencananya nanti di tahun 2024 beliau akan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, beliau adalah bapak Budiyanto,S.Pi.. Beliau menyampaikan bagaimana cara menjadi seorang pemilih yang cerdas, karena menurut beliau masih banyak rakyat Indonesia yang belum mengerti sepenuhnya mengenai bagaimana cara menjadi seorang pemilih yang cerdas dan bijaksana.

            Untuk materi selanjutnya atau materi penutup disampaikan oleh  seorang anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yaitu bapak H.FaizalHafanFarid,SE,M.Si yang menyampaikan mengenai pentingnya legislasi dan bagaimana menyampaikan kritik dan permohonan kepada sebuah legislasi. Sebelum kegiatan Sekolah Politik ditutup ada sesi tanya jawab, pembagian souvenir dan foto bersama.

            Menurut saya kegiatan Sekolah Politik seperti ini sangatlah penting untuk sosialisasi dan literasi Politik bagi para pemilih pemula yang masih minim akan hal-hal yang berbau politik. Dengan adanya Sekolah Politik dapat mengedukasi dan juga menanamkan pengetahuan tentang proses dan isu-isu politik yang memungkinkan para siswa/i sebagai bagian dari warga negara untuk dapat secara efektif melaksanakan perannya dalam demokrasi. Sebagai seorang pemilih pemula dan peserta sekolah politik saya makin percaya diri untuk dapat menggunakan hak pilih saya dengan baik, dan tidak salah pilih tanpa harus terpengaruh berita-berita hoaks atau bahkan sampai golput.

            Harapan saya semoga kedepannya nanti SMAN 3 Tambun Selatan dapat mengadakan kegiatan Sekolah Politik dengan lebih baik, narasumber yang sangat berkompeten dan dapat lebih banyak menghadirkan peserta baik dari SMAN 3 Tambun Selatan ataupun SMA- SMA lainnya. Supaya para pemilih pemula dari kalangan Gen Z tidak salah menggunakan hak pilihnya apalagi sampai Golput karena termakan isu-isu hoaks.

Penulis : Satrio Baskoro XI MIPA 6