Selasa, 31 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN TERIMA KUNJUNGAN TIM STUDI TIRU ADIWIYATA SMAK SANG TIMUR JOGJA

SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN TERIMA  KUNJUNGAN TIM STUDI TIRU ADIWIYATA SMAK SANG TIMUR JOGJA

[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.16″ global_colors_info=”{}”][et_pb_row _builder_version=”4.16″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” global_colors_info=”{}”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.16″ custom_padding=”|||” global_colors_info=”{}” custom_padding__hover=”|||”][et_pb_text _builder_version=”4.16″ background_size=”initial” background_position=”top_left” background_repeat=”repeat” global_colors_info=”{}”]

Berdasarkan surat permohonan studi tiru  tim adiwiyata dari SMAK Sang Timur Yogyakarta  nomor: 1225/G.Perm./SMAK.ST/I/2023, tim adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan  Kamis, 19 Januari 2023  menerima kunjungan dari tim adiwiyata SMAK Sang Timur Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 09.00 WIB – 11.15 Wib di Ruang Perpustakaan SMANCA.

Tim adiwiyata dari SMAK Sang Timur Yogyakarta berjumlah 6  orang terdiri dari  Guru, dan TAS  yang dipimpin oleh Dra. St. Antoni,PIJ. selaku kepala sekolah .  Acara dimulai jam 09.00 Wib dipandu oleh Rahmad Budiyono,S.Pd. selaku Ketua Adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan. Acara  dimulai dengan berdoa bersama dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Heni Wulansari,S.Pd..

Kegiatan dilanjutkan sambutan dari Drs. M Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan. Dalam sambutannya berisi ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Adiwiyata SMAK Sang Timur.. “Bapak / Ibu SMA Negeri  1 Cangkringan 2015 memulai adiwiyata kabupaten, 2017 tingkat provinsi, 2018 tingkat nasional, dan alhamdulillah untuk  tahun 2022 bulan November kemarin dapat meraih penghargaan adiwiyata mandiri yang merupakan penghargaan tertinggi di Indonesia, serta yang membuat bangga SMA N 1 Cangkringan merupakan satu-satunya sekolah di Kabupaten Sleman yang sudah  meraih penghargaan adiwiyata mandiri “ ungkap Warsun Latif selaku kepala SMA Negeri 1 Cangkringan.

“ Bapak/Ibu tim adiwiyata dan kader adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan siap membantu dalam hal dokumentasi administrasi 16 foder maupun pengelolaan lingkungan, yang penting bisa menerapkan pembiasaan semua warga sekolah dalam hal peduli lingkungan,”’tambah Warsun Latif .Dilanjutkan sambutan dari Kepala SMAK Sang Timur, Dra.St.Antoni,PIJ.. yang isinya mengucapkan terima kasih atas permohonan yang diterima oleh SMA Negeri 1 Cangkringan. maksud dan tujuan kedatangannya  antara SMAK Sang Timur Yogyakarta  ke SMA Negeri 1 Cangkringan.

SMAK Sang Timur Yogyakarta belum mempunyai status sekolah adiwiyata kata lain  baru akan memulai maju Adiwiyata tingkat Kota tahun 2023 bulan September akhir.. Mohon izin jika ada yang bisa ditiru dan diterapkan, kami akan memulai  menerapkan di sekolah, baik itu nanti dokumentasi 16 folder adiwiyata sesuai Permen DLHK no.52 tahun 2019 tentang GPBLHS dan Permen DLHK no.53 tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata,   tentang sarpras Adiwiyata, perangkat KTSP ( RPP, Silabus yang bermuatan lingkungan ), EDS, IPMLH  serta dokumen lainnya.

Terima kasih kepada keluarga besar SMA Negeri 1 Cangkringan atas sambutan yang luar biasa sekali. “Nantinya dari pihak kami akan belajar lagi ke SMA N 1 Cangkringan ini bersama tim lain ditambah kader adiwiyatanya untuk secara langsung praktik adiwiyata dalam penerapan 6 aspek PRLH-nya “jelasnya.

 Acara dilanjutkan dengan penandatangan MoU dan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak sekolah.Dilanjutkan dengan penyampaikan presentasi kegiatan kader  adiwiyata sekolah lebih-lebih implementasi  enam aspek PRLH di sekolah yang disampaikan oleh perwakilan kader adiwiyata , Dyah Ratri dan Mafasa ditambah penyampaian informasi tentang pemahaman adiwiyata tentang GPBLHS, 6 aspek PRLH, serta syarat maju adiwiyata tingkat kabupaten/ kota oleh ketua adiwiyata.

Dilanjutkan Tim Studi Tiru dari SMAK Sang Timur Yogyakarta   berkeliling lingkungan sekolah disertai tanya jawab sambil melihat pokja-pokja adiwiyata ( 35 Pokja Adiwiyata )  didampingi Tim Adiwiyata SMA Negeri 1 Cangkringan dan perwakilan kader adiwiyata  , antara lain ruang adiwiyata, pokja green house, komposter, biopori,bank sampah, hutan mini,dll.Acara diakhiri jam 11.15 Wib  dengan foto bersama .“Maju Bersama, Hebat Semua”. Humas 2023

[/et_pb_text][et_pb_gallery gallery_ids=”987488109,987488111,987488105,987488106,987488107,987488112,987488110,987488113″ _builder_version=”4.19.4″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ global_colors_info=”{}” show_title_and_caption=”off” sticky_enabled=”0″][/et_pb_gallery][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]