Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Rapat Koordinasi Persiapkan Akreditasi Internasional ASIIN

Rapat Koordinasi Persiapkan Akreditasi Internasional ASIIN

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terus berkomitmen dan berproses untuk meningkatkan kualitas pendidikan demi mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, terlebih di Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu upaya yang dilakukan ULM diantaranya mendorong fakultas dan program studi dalam memperoleh akreditasi internasional, salah satunya yaitu akreditasi ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs In Engineering Informatics/Computer Science, The Natural Sciences and Mathemathics).

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Iwan Aflanie, dr. M.Kes., Sp.F., S.H. dan empat program studi dari dua fakultas yang mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional melakukan rapat koordinasi dalam rangka persiapan visitasi dari ASIIN. Bertempat di Ruang Rapat Senat Lantai 3 Gedung Rektorat ULM, hadir Dekan dan Wakil Dekan dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan, serta koordinator dan sekretaris dari program studi Ilmu Tanah, prodi Agribisnis, prodi Teknologi Industri Pertanian, dan prodi Kehutanan.

Dalam rapat ini, Dr. Iwan menyampaikan agar seluruh pimpinan program studi dan fakultas memaparkan kegiatan yang telah dijalankan dalam proses persiapan akreditasi serta hal-hal yang menjadi kendalanya. “Kita perlu untuk memahami kondisi kita saat ini agar bisa menentukan langkah dan strategi yang perlu diambil untuk menyukseskan Akreditasi Internasional” ucap Dr. Iwan.

Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si dalam agenda ini juga berkesempatan untuk memberikan beberapa masukan kepada para peserta rapat koordinasi. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan agar proses akreditasi dapat disiapkan dengan maksimal. Rektor menyampaikan bahwa Universitas akan menyiapkan anggaran untuk mendukung tercapainya perolehan akreditasi berskala internasional dilingkungan ULM. “Petakan masalah yang dimiliki satu per satu dari seluruh aspek yang ada, kemudian tentukan anggaran yang diperlukan untuk mengatasinya,” pesan Prof. Ahmad kepada pimpinan fakultas dan prodi.

Perolehan akreditasi berskala internasional ini juga menjadi target Rektor untuk dicapai ULM terlebih setelah ULM resmi menjadi PTN-BLU (Badan Layanan Umum). Oleh karena itu Rektor berpesan agar upaya untuk memperoleh akreditasi internasional oleh  empat program studi diatas adalah awal dari akreditasi internasional prodi dan fakultas lainnya di lingkungan ULM. Rektor berharap seluruh sivitas akademika ULM dapat saling melakukan kolaborasi dan sinergi untuk mencapai target-target yang telah dirancang, salah satunya memperoleh akreditasi skala internasional.