Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Sahitya#2, Pertunjukan Seni Mahasiswa PG-PAUD UAD Sukses Digelar

Sahitya#2, Pertunjukan Seni Mahasiswa PG-PAUD UAD Sukses Digelar

Sahitya#2 Pertunjukan Seni Mahasiswa PG-PAUD Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses melaksanakan kegiatan “Sahitya#2: Pagelaran Kreasi Seni Budaya Anak Indonesia” pada Minggu, 12 Januari 2023 di gedung Societet Militair Taman Budaya Yogyakarta. Acara tersebut menampilkan berbagai macam kreasi seni mulai dari dramatisasi puisi, tarian kreasi, tari tradisional, gerak dan lagu, serta tidak kalah menarik yaitu drama musikal.

Sahitya merupakan pertunjukan seni dari PG-PAUD UAD yang diselenggarakan oleh mahasiswa semester 5 dan 7, serta merupakan kegiatan akhir untuk mata kuliah seni peran dan seni pertunjukan. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2021 lalu dan saat ini merupakan Sahitya yang kedua. Sahitya#2 menampilkan beberapa pertunjukan seni yang sudah dirancang dengan matang oleh mahasiswa PG-PAUD UAD.

Selain mahasiswa PG-PAUD UAD, turut terlibat pula anak-anak Taman Kanak-Kanak (TK) dari TK ABA Mardi Putra, TK ABA Pringgokusuman, TK ABA Karangkajen, dan TKK Sangtimur.

“Selain karena tugas akhir mata kuliah, kami ingin mengembangkan potensi mahasiswa dan anak usia dini dalam bidang seni pertunjukan,” ujar Azizah, mahasiswa PG-PAUD selaku ketua acara Sahitya#2 saat diwawancara melalui WhatsApp. Ia menambahkan, tujuan diadakannya Sahitya#2 juga untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai berbagai budaya di Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Riana Mashar, S.Psi., M.Si., Psi. selaku Ketua Prodi PG-PAUD UAD, seluruh dosen PGPAUD UAD, kepala sekolah dan orang tua/wali murid sekolah-sekolah mitra PG-PAUD UAD, mahasiswa PG-PAUD UAD, alumni mahasiswa PG-PAUD, dan masyarakat umum. Dengan adanya kegiatan ini tentu dapat membantu mempromosikan UAD terutama Prodi PG-PAUD.

“Sejauh ini, kami terkendala dalam melatih anak, karena kami harus menyesuaikan jam untuk latihan antara mahasiswa semester 5 dan mahasiswa semester 7. Selain itu juga harus menjaga dan menstabilkan suasana hati anak usia dini yang kadang mudah sekali berubah. Ke depan, kami berharap program Sahitya lebih baik lagi,” ungkap Azizah.

Selama berjalannya acara, audiens yang hadir memberikan respons positif. Orang tua dan anak-anak pun merasa senang ikut berpartisipasi dalam acara Sahitya#2 tersebut. (roy)

uad.ac.id