Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Ikuti Pameran Inovasi Kodam III Siliwangi, Unisba Pamerkan Produk Unggulan

Ikuti Pameran Inovasi Kodam III Siliwangi, Unisba Pamerkan Produk Unggulan

KOMHUMAS – Universitas Islam Bandung (Unisba) menjadi salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat yang diberikan kepercayaan untuk menampilkan produk inovasi dalam pameran inovasi dan teknologi Kodam III Siliwangi pada  Kamis-Jumat (12-13/1/2023). Pameran berlangsung semarak dengan dihadiri langsung oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen, Kunto Arief Wibowo.

Pameran yang berlangsung di Markas Kodam III Siliwangi di Bandung, Jawa Barat tidak hanya menampilkan teknologi alutsista, tetapi juga inovasi teknologi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat seperti mesin pengolah padi, obat-obatan, dan lainnya.

Unisba memamerkan produk inovasinya dari hasil penelitian dosen dan juga mahasiswa. Selain itu juga memamerkan banyak produk inovasi seperti cairan pembersih lantai bidara, feminine hygiene bidara Hawra, gel anti acne bidara Hawra, biomask, buku sakola desa, dan beberapa produk inovasi dari daun jambu air dan desain Industri dari Bio Mask Respirator.

Pembukaan pameran Inovasi dihadiri pula oleh Ketua LPPM Unisba Prof.Dr. Neni Sri Imaniyati, S.H., M.Hum,beserta tim dari LPPM, Komhumas  dan mahasiswa Fakultas Syariah Unisba.

Menyambut Pangdam III Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo di Stand Unisba Ketua LPPM Unisba menjelaskan secara detail hasil PPKM berupa produk Inovasi khususnya terkait Bio Mask Respirator berupa produk Inovasi yang memiliki kelebihan diantaranya menggunakan tekanan udara positif yang memungkinkan penggunanya tidak harus menggunakan paru-parunya untuk berfungsi menarik oksigen melalui media filter saat bernapas. Bio Mask Respirator ini telah diserahkan kepada 3 Rumah Sakit Mitra Fakultas Kedokteran Unisba. Selain Itu ketua LPPM menyampaikan harapan untuk bermitra dengan dengan Kodam III Siliwangi berkaitan dengan program desa Binaan dan program Sakola Desa yang menjadi Program LPPM Unisba.

Berkaitan dengan inovasi dan teknologi hasil PPKM Karya Dosen Unisba  juga terkait program desa Binaan dan program Sakola Desa tersebut diapresiasi Pangdam III Siliwangi. Beliau  memberikan masukan kepada LPPM Unisba untuk melakukan riset daun tarum dan daun ecalyptus  yang sangat banyak manfaatnya  juga khasiatnya melalui berkolaborasi dengan tim Riset Kodam III Siliwangi.  

Kemeriahan acara ini terlihat dari banyaknya pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat  maupun pelajar. Para Pengunjung di Stand Unisba banyak tertarik dengan inovasi dan teknologi yang ditampilkan termasuk program Sakola Desa, tidak sedikit pengunjung meminta informasi terkait penerimaan mahasiswa baru.

Pameran yang memperkenalkan inovasi dan teknologi dari Korem, Kodim, institusi, dan perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan kebanggaan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi buatan Indonesia.***