Sabtu, 04 Februari 2023
Sekolah Menengah Kejuruan

Pemberangkatan PKL tahap 2

Pemberangkatan PKL tahap 2

Pemberangkatan PKL tahap 2 tahun pelajaran 2022/2023 diikuti oleh jurusan RPL, DBIB, dan Tata Biga SMKN 2 Trenggalek.

PKL merupakan singkatan dari Praktik Kerja Lapangan.
Program PKL akan memberikan pengalaman kerja yang berharga bagi siswa. Selain itu, siswa juga akan mempelajari bagaimana cara mendapatkan pekerjaan juga belajar untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat siswa tersebut

PKL adalah salah satu kegiatan yang menempatkan siswa untuk terlibat langsung dalam dunia kerja. PKL dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja yang profesional sehingga diharapkan siswa mampu menerapkan ilmu yang didapatkannya semasa PKL.
Pelaksanaan PKL tentu memiliki tujuan supaya bisa berdampak baik bagi siswa yang mengikuti program ini.

Berikut ini adalah beberapa tujuan PKL:

  • Menghasilkan tenaga kerja yang mampu memiliki keahlian profesional, yakni tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
  • Meningkatkan keselarasan (link and match) antara lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan dengan dunia industri.
  • Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional, dengan memanfaatkan sumber daya pelatihan yang ada di dunia kerja.
  • Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dalam proses pendidikan.

PKL tahap 2 SMKN 2 Trenggalek dilaksanakan selama 6 bulan yang dimulai dari pemberangkatkan pada tanggal 13 Januari 2023 dan siswa selesai PKL pada 14 Juli 2023.