Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Rektor Resmikan Tiga Fasilitas di FK Unpad

Rektor Resmikan Tiga Fasilitas di FK Unpad

Laporan oleh Shofwatul Auliya

[Kanal Media Unpad] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti meresmikan tiga fasilitas di kampus Fakultas Kedokteran, Jatinangor,  Jumat (20/1/2023). Tiga fasilitas tersebut adalah ruang kerja Departemen Ilmu Kedokteran Dasar dan Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, serta prasarana luar ruangan (outdoor) multifungsi “Bale Waringkas”.

“Fasilitas yang sangat baik ini diyakini pasti akan menjadikan kita semua produktif, dan tidak lupa tentu adalah bahagia dan berkontribusi pada sesama,” kata Rektor.

Rektor berharap penyediaan sarana dan prasarana ini dapat dioptimalkan penggunaannya. Fasilitas ini pun diharapkan tidak hanya dimanfaatkan untuk FK, tetapi juga untuk keluarga besar Unpad, khususnya untuk mengasah kemampuan sosial mahasiswa yang nantinya dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas lulusan.

“Semoga apa yang kita kerjakan di hari Jumat yang baik ini, paling tidak menjadikan catatan tersendiri bahwa Unpad menjadi lebih maju dengan adanya fasilitas yang mendukung serta Bapak Ibu sekalian yang sehat jasmani dan rohani yang selalu menatap masa depan lebih optimis dengan tetap percaya diri dan rendah hati,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FK Unpad Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat berharap dengan hadirnya sarana pendidikan tersebut dapat meningkatkan interaksi para dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa. Fasilitas ini juga dibangun untuk mendukung proses pembelajaran hybrid.

Dengan melengkapi fasilitas, diharapkan dapat meningkatkan jiwa leadership pada mahasiswa khususnya di FK Unpad. Lulusan yang terbentuk akan mampu menjadi pionir atau agent of changes di masyarakat.

“Mudah-mudahan semua sarana yang kita kembangkan bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Dr. Yudi.

Bale Waringkas sendiri merupakan sarana multifungsi. Nama Bale Waringkas dicetuskan oleh Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Ganjar Kurnia. Kata “waringkas” diambil dari kata jagjag waringkas yang bermakna sehat.

Diungkapkan Prof. Ganjar, “waringkas” sangat berkaitan dengan olahraga. Selain sehat, makna tersebut juga dapat dikaitkan dengan sportivitas dan kerja sama.

“Semoga kita semua jagjag waringkas dengan adanya Bale Waringkas ini,” ungkap Prof. Ganjar.

Bale Waringkas direnovasi pada November-Desember 2022 dengan luas 540 meter persegi. Sementara ruang kerja Departemen IKD dan IKM memiliki luas masing-masing sebesar 768 meter persegi dan telah selesai direnovasi sejak akhir tahun 2020.

Acara ini  turut dihadiri oleh Rektor ke-11 Prof. Tri Hanggono, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H, Direktur Sarana dan Prasarana Unpad Edward Henry, S.IP., MM., serta keluarga besar Fakultas Kedokteran Unpad. (art)*