Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Persiapan PPL PPG Prajab Gelombang II Tahun 2023

Unimed Gelar Rapat Koordinasi Persiapan PPL PPG Prajab Gelombang II Tahun 2023

Universitas Negeri Medan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan PPL PPG Prajab Gelombang II bersama puluhan Kepala Sekolah yang dilaksanakan di Hotel Prime Plaza Hotel Kualanamu, pada 19 – 20 Januari 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor I Dr. Restu, M.S., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc., Ph.D., Ketua Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si., Staf PPG dan puluhan kepala sekolah.

Dalam laporannya, Ketua Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan rapat ini sebagai penyamaan persepsi dan penandatanganan MoA dengan 29 sekolah mitra, dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK yang menjadi lokasi penempatan PPL Mahasiswa PPG. Sebanyak 245 orang mahasiswa yang akan melaksanakan PPL, dengan 13 bidang studi yaitu Bahasa Inggris, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Sejarah, Kimia, IPA, Matematika, PG-PAUD, PGSD, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan PKn. Adapun yang menjadi pertimbangan pemilihan lokasi PPL Prajabatan dikarenakan tempat kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mitra atau sekolah baru yang bersedia menjalin kemitraan dengan Universitas Negeri Medan, kriteria sekolah mitra sebagai lokasi PPL PPG sekurang-kurangnya memiliki peringkat akreditasi B dan terikat dalam nota kesepahaman antara sekolah yang bersangkutan dengan Unimed, terdapat pola kemitraan bersifat kolaboratif dan lokasi PPL dengan kampus masih terjangkau oleh mahasiswa karena mempertimbangkan perkuliahan mata kuliah lain yang dilaksanakan secara luring di Unimed.

Dalam membuka acara, Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, M.S. mengatakan kegiatan ini terlaksana dalam rangka penyamaan persepsi kita dalam mewujudkan keseimbangan antara kebutuhan dan pemenuhan guru dengan mensinergikan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa PPG Prajabatan akan melakukan praktik mengajar pada sekolah-sekolah yang terdapat guru akan memasuki masa purna tugas di tahun 2023. Program tersebut akan mulai dilaksanakan pada mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I dan II (di semester 1 dan 2) untuk mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 dan PPL II di semester 2 untuk mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1. Kita harapkan nantinya mahasiswa PPG yang PPL di sekolah-sekolah mitra, mendapatkan pengalaman dan pemahaman dalam pengajaran yang profesional dan dapat mengintegrasikan program MBKM di sekolah. (Humas Unimed/eo)