Senin, 06 Februari 2023
Perguruan Tinggi

SCU Perkuat Metode Pembelajaran SLM Melalui Teaching Reflection Day

SCU Perkuat Metode Pembelajaran SLM Melalui Teaching Reflection Day

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau dikenal dengan Unika Soegijapranata, melakukan Teaching Reflection Day (TRD) bagi para dosen. TRD ini dilakukan pada Rabu, 18 Januari 2023, di Ruang Theater, Thomas Aquinas.

Kegiatan TRD ini dihadiri oleh para dosen dari seluruh fakultas yang ada di SCU. Pada kesempatan refleksi ini, para dosen diberi kesempatan untuk menyampaikan testimoni mereka dalam mengajar menggunakan Soegijapranata Learning Model (SLM).

Rektor SCU, Dr. Ferdinand Hindiarto mengajak para dosen untuk terus menghidupi perutusan dalam dunia pendidikan. Menghidupi Tri Dharma, salah satunya dengan melakukan pengajaran yang optimal.

Kepala Lembaga Pengembangan, Pengkajian, dan Pendidikan (LP3), Dr. Heny Hartono, S.S., M.Pd sebagai penyelenggara kegiatan TRD menuturkan bahwa kegiatan refleksi ini adalah bagian dari salah satu siklus pembelajaran mengaplikasikan Soegijapranata Learning Model (SLM).

Teaching Reflection Day (TRD) adalah satu acara yang diadakan untuk dosen-dosen SCU karena kita telah mengaplikasi SLM, nah salah satu siklus pembelajaran dalam SLM itu ada tahap refleksi. Refleksi itu perlu dilakukan para dosen yaitu untuk proses pembelajaran yang sudah dilakukan selama ini lebih khusus lagi pada semester yang lalu,” tutur Henny Hartono saat diwawancara di ruang (LP3).

Kegiatan Teaching Reflection Day (TRD) ini juga sekaligus menjadi momen untuk meluncurkan buku “E-Smart Book of Joyful Soegijapranata Catholic University (SCU)”. Buku e-smart ini merupakan panduan atau pegangan bagi dosen SCU untuk menerapkan metode pembelajaran SLM.

“Buku ini pegangan bagi dosen dan pada buku ini semuanya sudah komplit, seperti bagaimana cara mengaplikasikannya secara teknis. Ini buku pintar dosen yang bisa dipakai menjadi satu model pembelajaran yang khas dari SCU. Ini menjadi kekuatan dan kita menjadi kuat di bidang teaching,” tuturnya.

Kegiatan Teaching Reflection Day (TRD) ini merupakan bagian dari refleksi bersama mengenai bagaimana praktik nyata dari Soegijapranata Learning Model (SLM). Setiap dosen juga diharapkan dapat melakukan refleksi di setiap akhir kelas perkuliahan. Para dosen yang telah menerapkan SLM di dalam perkuliahan kemudian saling berbagi pengalaman dalam kegiatan TRD kali ini.

“Diharapkan semua dosen bisa menerapkan SLM. Sebelumnya sudah diuji coba tetapi belum semua dosen melakukan dan kita berharap semakin banyak dosen yang bisa menerapkan SLM. Sehingga bisa dirasakan oleh mahasiswa dan proses pembelajaran jadi menyenangkan dan bergairah dalam belajar. Dosennya joyful, mahasiswanya juga joyful. Jadi kita belajar itu harus dalam suasana bahagia, sebetulnya. Jika kita bahagia dan sukacita, maka apa yang kita pelajari jadi bermanfaat, dan itu yang kita harapkan,” tutup Heny. [Humas SCU/Kris]